Kepala BIN Budi Gunawan Pejabat Paling Berpengaruh di Masa Jokowi, Mahfud MD hanya Nomor 4 - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepala BIN Budi Gunawan Pejabat Paling Berpengaruh di Masa Jokowi, Mahfud MD hanya Nomor 4

 

KONTENISLAM.COM - Kepala BIN Budi Gunawan menjadi pejabat paling berpengaruh di masa pemerintahan Jokowi.

Budi Gunawan mengalahkan nama sekaliber Mahfud MD dan Andika Perkasa.

Dari daftar 10 pejabat negara paling berpengaruh di masa Jokowi, nama Budi Gunawan berada di posisi teratas.

Disusul dua jenderal dari TNI dan Polri yaitu Andika Perkasa dan Listyo Sigit Prabowo.

Kepala BIN Budi Gunawan merupakan tokoh paling berpengaruh di antara para menteri dan kepala lembaga negara di masa Jokowi sesuai hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI) dan Indonesian Club (IC).

Survei dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual di 34 provinsi yang terdiri dari para dosen atau pakar, peneliti, anggota LSM/NGO hingga aktivis.

Lima hal yang diukur dalam survei terhadap 45 lembaga negara dan para meneri ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran.

Adapun teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purpose sampling dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

“Dari 45 nama ada 10 menteri atau kepala lembaga negara yang masuk kategori tokoh paling berpengaruh dan di nomor satu adalah Kepala BIN Pak Budi Gunawan dengan skor nilai 2,39 dari skala 0 sampai 4,” kata Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens di Metro Coffee Bar, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Selain nama Budi Gunawan yang dinilai tokoh berpengaruh, menyusul nama Panglima TNI Andhika Perkasa, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menkopolkam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Hanya saja nama Kapala BIN merupakan sosol yang dikenal di kalangan kelas menengah.

Selain itu, kata dia, sosok Kepala BIN merupakan sosok yang cerdas, yang bekerja dalam senyap, dan sangat professional dalam bekerja.

“Survei ini tidak berkaitan apapun dengan agenda pragmatis pemilu. LPI dari awal berdirinya tahun 2008 tidak bermain pada isu pragmatis, tetapi lebih mengarah pada agenda kenegaraan merawat keindonesiaan kita,” tegas Boni.

Sementara itu, Peneliti LPI, Febri Wahyuni mengatakan Budi Gunawan merupakan tokoh yang paling berpengaruh ddngan erolehan skor 2.39 dalam dua sub indikator yaitu dalam hal perumusan kebijakan.

“Responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN terutama dalam hal penanggulan wabah Covid-19,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Direktur IPI Karyono Wibowo yang menilai merupakan hal yang wajar jika Budi Gunawan menjadi tokoh paling berpengaruh.

Direktur Indonesian Club, Gigih Guntoro, yang juga hadir dalam rilis survei itu mengaku tidak tertarik dengan isu popularitas para calon presiden dan wakil presiden.

“Survei ini untuk mengapresiasi kerja pemerintah dan menjaga kepercayaan publik terhadap negara. Seperti kinerja Panglima TNI Adhika Perkasa yang dianggap terbaik, termasuk Kapolri Listyo Sigit yang juga dianggap terbaik meskipun di tengah badai internal di Polri,” ujar Gigih.

Berikilut 10 menteri atau kepala lembaga negara paling berpengaruh dalam survei ini, di antaranya:

1. Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39.
2. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38.
3. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dengan skor 2,38.
4. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan skor 2,38.
5. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan skor 2,38.
6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan skor 2,35.
7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan 2,35 skor.
8. Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan skor 2,34.
9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dengan skor 2,33.
10. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan skor 2,32.

Demikian deretan pejabat berpengaruh di masa pemerintahan Jokowi yang menempatkan Kepala BIN Budi Gunawan di posisi teratas. [pojoksatu]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close