Pengembang Apple iOS Termuda, Hana Muhammad Rafeeq Gadis Cilik Muslimah Asal India yang Masih Berusia 9 Tahun - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Pengembang Apple iOS Termuda, Hana Muhammad Rafeeq Gadis Cilik Muslimah Asal India yang Masih Berusia 9 Tahun

 

KONTENISLAM.COM - Seorang gadis cilik muslimah asal India berusia 9 tahun yang tinggal di Dubai baru-baru ini mendapat kabar baik setelah CEO Apple, Tim Cook mengucapkan selamat kepadanya karena berhasil mengembangkan aplikasi iOS untuk iPhone. 

Hana Muhammad Rafeeq yang berusia sembilan tahun, yang saat ini tinggal di Dubai, baru-baru ini dipuji oleh Tim Cook karena membuat aplikasi iOS untuk iPhone. Dalam surat pertamanya kepada Tim Cook, Hana Muhammad Rafeeq mengatakan bahwa dia menciptakan aplikasi mendongeng "Hanas", yang memungkinkan orang tua merekam cerita.


CEO Apple dilaporkan memujinya dalam balasan emailnya kepadanya setelah dia menjelaskan perangkat lunaknya dan pencapaian lainnya dalam email.


Aplikasi iOS gratis besutan Hana ini memiliki cerita ramah anak. Dia memutuskan untuk membuat aplikasi setelah dia menyadari bagaimana dalam kehidupan yang sibuk ini, hanya sedikit orang tua yang memiliki waktu luang untuk membacakan buku untuk anak-anak mereka. Hana berusia delapan tahun saat aplikasi ini dibuat.


Dalam sebuah email, Hana menyatakan bahwa dia pertama kali menguasai coding ketika dia berusia lima tahun, dan tampaknya dia adalah orang termuda di dunia yang melakukannya. Untuk program ini, dia menulis hampir 10.000 baris kode.

 

Tim Cook mengirim email dan mengucapkan selamat kepadanya atas banyak pencapaiannya yang luar biasa di usia yang begitu muda. Dia juga menambahkan bahwa jika dia bertahan, dia akan mencapai hal-hal luar biasa di masa depan.


Hana yang berusia sembilan tahun mengklaim membuat aplikasi mendongeng sehingga orang tua dapat menggunakannya untuk merekam cerita untuk anak-anak mereka dengan suara mereka. Dia berharap bisa bekerja untuk Tim Cook suatu hari nanti.


Ayahnya mengungkapkan bahwa kakak perempuan Hana yang berusia 10 tahun, Leena Fathima, adalah guru kodingnya.


Dalam emailnya, Hana menyatakan bahwa dia menghindari penggunaan library, kelas, atau kode pihak ketiga yang sudah dibuat sebelumnya di aplikasinya. Dia telah menyatakan bahwa dia akan menghargai pratinjau singkat. Dia juga dilaporkan memposting tautan ke video YouTube-nya. 


Ketika Muhammad Rafeeq, ayah Hana, pertama kali melihat email balasan dari CEO Apple, Hana sedang tidur. Dia menyatakan bahwa dia membangunkannya untuk memberitahunya berita itu. Dia segera duduk dan berlari ke kamar mandi. Biasanya butuh beberapa saat untuk membangunkannya tapi kali ini berbeda!


Otodidak


Baik saudara perempuan Hana dan Leena adalah pembuat kode otodidak yang dimotivasi oleh orang tua mereka. Sementara kakanya Leena berharap untuk pergi ke AS untuk studi masa depannya.


Leena telah membuat situs web Lehanas, yang mengajarkan anak-anak tentang kata, warna, dan hewan. Leena menyertakan tautan ke dana Ketua Menteri di situs webnya ketika banjir melanda Kerala, menurut Mint. Leena menikmati pengkodean karena membuatnya terburu-buru untuk memecahkan tantangan dan melihat kodenya menjadi hidup. Namun, tujuan utama adalah memperbaiki masyarakat dan membuat orang bahagia.


Anak-anak ini dilaporkan terutama dididik di rumah oleh orang tua mereka. Leena menjelaskan bagaimana keterlibatan mereka dalam coding dimulai ketika ayah mereka, seorang konsultan manajemen proyek, mendesak ibu mereka untuk belajar coding untuk membantunya memulai.


(Sumber: https://www.indiatimes.com/worth/news/apple-ceo-tim-cook-praises-9-year-old-indian-ios-app-developer-580520.html)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close