Putri Candrawathi Resmi Ditahan, Pakar Hukum: Seharusnya dari Awal

Putri Candrawathi Resmi Ditahan, Pakar Hukum: Seharusnya dari Awal 

KONTENISLAM.COM - Pakar Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr Rahman Syamsuddin menanggapi istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi yang resmi ditahan untuk proses hukum lebih lanjut.

Rahman menilai seharusnya penyidik dari awal menahan Putri Candrawathi bukan malah dibebaskan.

"Terkait penahanan PC istri FS merupakan langkah yang seharusnya dari awal dilakukan oleh Penyidik Polri," ujar Rahman Syamsuddin kepada fajar.co.id, Jumat (30/9/2022).

Menurut Rahman, Putri akan dijerat dengan pasal yang sama dengan Ferdy Sambo.

"Menurut KUHAP Pasal 1 butir 21, penahanan merupakan penempatan tersangka atau terdakwa di suatu tempat tertentu oleh penyidik atau penuntut umum atau hakim dengan penetapannya dalam hal serta menurut cara yang diatur dalam undang-undang," ujar dia.

"Jika melihat alasan subjektif dan objektif di dalam KUHAP sudah sangat tepat dan hal ini akan memudahkan penuntut umum mendapatkan keterangan tersangka atau PC," sambungnya.

Dia pun berharap proses hukum segera diselesaikan secara tuntas dan tidak berbelit-belit.

"Kita berharap proses hukum segera diselesaikan sesuai asas Contante Justitie yaitu proses pemeriksaan tidak berbelit belit dan untuk melindungi hak tersangka guna mendapat pemeriksaan dengan cepat agar segera di dapatkan kepastian hukum," pungkasnya.

Diketahui, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi akhirnya dijebloskan ke penjara. Ia akan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Mabes Polri.

Terkait penahanan istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Hari ini saudari PC kita nyatakan, putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri," tegas Kapolri Sigit saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/9).

Penahanan Putri Candrawathi dilakukan setelah berkas perkara kasus pembunuhan berencana dinyatakan lengkap secara formil dan materil oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Diketahui, Putri Candrawathi sendiri merupakan satu dari lima tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

"Untuk mempersiapkan dan mempermudah proses penyerahan berkas tahap 2," katanya.

Kondisi kesehatan baik psikologis istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi sendiri telah dinyatakan membaik.[wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close