Innalillahi, Ulama Ahli Hadits dan Mushthalah Syeikh Mahmud at Thahhan Wafat

KONTENISLAM.COM - Syeikh Mahmud at Thahhan, ulama pakar Hadits dan Mushthalah, dikabarkan wafat pada Kamis siang tadi (24/11/2022). Belum diketahui pasti lokasi pasti wafatnya Syeikh Mahmud, namun beberapa sumber menyebut beliau wafat di Mesir.


Kabar wafatnya beliau dikonfirmasi oleh Syeikh Hatim Al-‘Auni. “Saya baru saja mendengar tentang kematian Syeikh Dr. Mahmud at-Thahhan, semoga Allah memberinya rahmat dan menempatkannya di surga,” ujar Syeikh Hatim melalui akun Twitternya.


Wafatnya beliau merupakan kehilangan besar bagi umat Islam di seluruh dunia.


Berasal dari Halab, Suriah, Syeikh Mahmud merupakan salah satu di antara banyak ulama alumni Al-Azhar yang kiprahnya mendunia dalam ilmu hadits. Saking berjasanya Syeikh Mahmud, beliau bahkan disebut-sebut sebagai ulama yang berjasa kepada hampir setiap pelajar hadits di masa kini.


Beliau melahirkan kitab-kitab fenomenal dalam ilmu hadits, diantaranya adalah Taysir Mushthalah al-Hadits, dan Ushul at-Takhrij wa Dirasah al-Asanid.


Syeikh Ahmad Ma’bad Abdul Karim, pakar ilmu hadits Al-Azhar, dalam sebuah wawancara pernah mengatakan bahwa Syeikh Mahmud at Thahhan adalah salah satu “Ru’uus al-Madrasah al-Haditsiyyah” (pelopor sekolah hadits) masa kini.*/Hafidz

[hidayatullah]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close