Jokowi Tolak Politisasi Agama, PD Minta BuzzeRp Ditindak Tegas - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Jokowi Tolak Politisasi Agama, PD Minta BuzzeRp Ditindak Tegas

Sekretaris Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani (Dok. Pribadi). 

KONTENISLAM.COM - Partai Demokrat (PD) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengingatkan para capres dan cawapres tak melakukan politisasi agama pada Pilpres 2024. 

PD mengatakan pesan yang sama juga terus disampaikan oleh Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kami mengapresiasi pernyataan Pak Jokowi yang mengajak seluruh pihak untuk menjaga suasana yang teduh dan kondusif menuju tahun politik dan Pilpres pada 2024 mendatang. Partai Demokrat pun memiliki pandangan yang sama sebagaimana disampaikan Mas Ketum AHY pada berbagai kesempatan untuk tidak mengeksploitasi politik identitas secara berlebihan, apalagi terkait isu agama," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Kamhar menilai politisasi agama harus dihindari guna mencegah terjadinya perpecahan. 

Dia mengkhawatirkan dampak negatif perpecahan itu terhadap negara.

"Ini mesti dicegah dan dihentikan agar tak semakin memperuncing pembelahan di masyarakat. Terlalu mahal harga yang mesti dibayar sebagai bangsa jika pembelahan terus terjadi, bisa bermuara pada disintegrasi bangsa. Ini yang kita semua tak kehendaki, jangan sampai terjadi," tuturnya.

Partai Demokrat, kata Kamhar, juga merespons positif ajakan kontestasi Pilpres diwarnai dengan adu konsep dan gagasan. 

Dia mengatakan PD akan menawarkan konsep terkait membawa Indonesia keluar dari berbagai masalah.

"Konsep dan ide membawa Indonesia keluar dari jebakan utang, konsep Indonesia yang semakin demokratis dan berkemajuan, dan konsep pembangunan yang memanusiakan. Pembangunan untuk manusia, bukan manusia untuk pembangunan. Pemimpin yang memiliki kompetensi dan kapabiltas, tak hanya elektabilitas," tutur Kamhar.

"Kita berharap ada mekanisme yang memadai untuk ini dan terbangunnya kritisisme di masyarakat agar tak terulang lagi pada kesalahan yang sama, memilih pemimpin yang hanya pandai mengumbar janji namun tak menunaikan. Pemimpin yang hanya mengindahkan daulat tuan, abai daulat rakyat yang melakukan hal yang berbeda dengan apa yang dijanjikannya," imbuhnya.

Minta Jokowi Tegas ke BuzzerRp

Selain itu, Kamhar juga berharap Jokowi tegas kepada buzzerRp yang juga dinilai menggunakan isu agama. Dia menyebut buzzerRp itu kerap menyinggung perasaan umat.

"Kita juga berharap Pak Jokowi tegas pada para buzzerRp peliharaan yang selama ini merepresentasikan post truth politics, termasuk menjadikan isu agama sebagai komoditi politik yang sering menyinggung perasaan umat," jelas Kamhar.

Kamhar kembali menegaskan bahwa Partai Demokrat menyambut baik keinginan Presiden Jokowi untuk meningkatkan derajat kontestasi Pilpres 2024. Dia berharap hal itu dapat terwujud.

"Jika ini terwujud, bisa menjadi legacy yang baik bagi Pak Jokowi yang di masa pemerintahannya tercatat persepsi tentang demokrasi negatif," tuturnya.

Pesan Jokowi

Presiden Jokowi sebelumnya mengingatkan para calon presiden dan calon wakil presiden agar menjaga situasi politik tetap kondusif. 

Jokowi mewanti-wanti agar tak ada politisasi agama di Pemilu 2024.

"Inilah yang sekali lagi saya ingatkan kepada capres dan cawapres. Untuk membawa suasana politik kita menuju 2024 itu betul-betul paling banter anget dikit, syukur bisa adem," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di Munas HIPMI di Solo seperti disiarkan akun YouTube Setpres, Senin (21/11).

Jokowi mempersilakan agar para kandidat untuk berdebat gagasan. Namun dia mewanti-wanti agar tak ada politisasi agama di Pemilu 2024.

"Debat silakan, debat gagasan, debat ide, membawa negara ini lebih baik silakan. Tapi jangan sampai panas, apalagi membawa politik-politik SARA, tidak, jangan. Politisasi agama, tidak, jangan. Setuju? Politisasi agama, jangan," ujar Jokowi. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close