Karir Luhut Berakhir Setelah Dikuliti Sri Mulyani di Depan Jokowi Sampai KPK Turun Tangan, Begini Faktanya - KONTENISLAM.COM | Berita Politik
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karir Luhut Berakhir Setelah Dikuliti Sri Mulyani di Depan Jokowi Sampai KPK Turun Tangan, Begini Faktanya

 

KONTENISLAM.COM - Luhut Binsar Panjaitan tengah menjadi obrolan publik. Setelah pernyataan mengenai OTT KPK bikin nama negara buruk. 

Belum lama ini juga terdapat video yang menyebutkan jika Menteri Keuangan Sri Mulyani membongkar aib Luhut Binsar Pandjaitan. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia tersebut tak bisa berkata apa-apa lagi,  saat boroknya diketahui Jokowi.

Akun YouTube dengan nama pengguna POPULER NEWS mengunggah informasi tersebut dengan narasi thumbnail.

'Riwayat Luhut Berakhir! Sri Mulyani Ungkap Kebusukan Luhut di Depan Jokowi," tulis narasi pada thumbnail dan judul video.
 
Thumbnail juga memperlihatkan gambar Luhut sedang digelandang petugas kepolisian dipimpin oleh Sri Mulyani. Salah seorang pria membawa koper merah di belakang Luhut. Pada sisi lain, tampak petugas KPK menghampiri Luhut.

Gambar Presiden Jokowi terpantau sedang bersama Tito Karnavian mengenakan seragam polisi. 
 
Apakah klaim pada video benar?

Berdasarkan penelusuran tim pencari fakta pada Rabu, (21/12/2022), informasi yang diunggah pada video adalah salah.

Penjelasan
 
Setelah menonton video, unggahan dengan durasi 8.32 detik tersebut tidak memperlihatkan momen-momen Luhut digelandang petugas kepolisian maupun KPK.

Klip awal pada video berisi suara narator  tanpa gambar yang mengutip soal balasan menohok mantan penyidik senior Novel Baswedan menyusul pernyataan Luhut tentang OTT KPK.

Berikutnya pada video, mempertontonkan wawancara lawas Novel Baswedan menyikapi kasus penyiraman air keras yang menimpa Novel sendiri. 
 
Video pada unggahan merupakan gabungan dari potongan video. Masing-masing klip tidak memiliki keterkaitan satu sama lain. Gambar video dengan suara narator juga tidak sesuai.

Gambar thumbnail pada video diduga kuat hasil editan. Karena pada video tidak ada statement dari Sri Mulyani yang membuka aib Luhut kepada Jokowi. 
 
Sebagai informasi, lagi ramai soal pernyataan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan yang punya pandangan tersendiri soal cara kerja KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Menurut Luhut, cara itu tidak bagus.

Menteri Luhut menyebut OTT yang sering dilakukan KPK untuk menangkap orang-orang yang terindikasi melakukan korupsi membuat citra negara jadi buruk.

"OTT-OTT ini kan nggak bagus sebenarnya. Buat negeri ini jelek banget," kata Luhut dilansir dari acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024 yang disiarkan di Youtube StranasPK Official, Selasa (20/12/2022).

Kesimpulan
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani membongkar aib Luhut Binsar Pandjaitan di depan Jokowi adalah salah.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Sumber: suara
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close