Bertemu Sahabat C40 Cities di London, Anies Bahas Agenda Global Sustainable Development

 

KONTENISLAM.COM - Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. membagikan pengalaman perjalanan selama di Uni Eropa dan menyempatkan diri bertemu dengan sahabat semasa di C40 Cities.

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim.

Dalam pertemuan itu, kata Pendiri Indonesia Mengajar, membahas langkah-langkah selanjutnya dalam agenda global.

“Di London menyempatkan diri untuk bertemu dengan sahabat kami, Mark Watts -executive Director dari C40. Membahas langkah selanjutnya untuk terus berkiprah bersama C40 dalam agenda-agenda global terkait sustainable development,” ucap Anies seperti dikutip KBA News, di instagram pribadinya, Senin, 16 Januari 2023.

Meskipun sudah tidak menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota Jakarta, selesai sudah sebagai Jajaran pimpinan dari C40 Cities.

“Setelah mengakhiri tugas sebagai Gubernur Jakarta 16 Oktober lalu, berakhir pula tugas sebagai jajaran pimpinan dari C40 Cities, yang diemban bersama Shadiq Khan, Wali Kota London dan Yuriko Koike, Gubernur Tokyo,” tuturnya.

Namun dia bahagia karena peran Jakarta dapat dirasakan dan manfaatnya.

“Kami bersyukur bahwa peran dan kontribusi kami dari Jakarta dirasakan manfaatnya oleh mereka,” ungkap cucu Pahlawan Abdurrahman Baswedan.

Kemudian beberapa pekan sebelum masa tugas berakhir, tepatnya di akhir September 2022, C40 mengundang dalam kapasitas pribadi untuk tetap terlibat dan berkontribusi dalam kegiatan di C40.

“Organisasi dari kota-kota besar dunia, khususnya untuk menghadapi krisis iklim dan mendorong pembangunan kota yang berorientasi masa depan ini,” ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan turut membagikan enam foto ketika menemui para sahabat C40 Cities di London.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta telah diangkat menjadi salah satu anggota Pendiri Dewan Penasihat Internasional Institute of ASEAN Studies di Universitas Oxford. Anies juga sempat memberikan kuliah di kampus ternama tersebut.

Selanjutnya dia menikmati makan siang awal tahun di London. Acara ini, turut dihadiri oleh tokoh-tokoh perbankan, bisnis politik dan pemerintahan di the City of London Corporation.

Kegiatan makan siang ini selalu diadakan setiap awal tahun mereka mengadakan perjamuan khusus untuk mengawali tahun baru dan Jadi kesempatan untuk ajang silaturahim dengan sesama tokoh di sini.

Acara dilaksanakan di Drapers Hall atau ruang pertemuan yang dibangun tahun 1530. Drapers Hall adalah rumah bagi Worshipful Company of Drapers, merupakan salah satu dari dua belas perusahaan livery bersejarah di London, terdiri dari asosiasi dan serikat dagang kuno dan modern di London.

Lalu, Anies juga mengadakan pertemuan dengan BloombergNEF. Adapun yang dibahas, kata Anies adalah bagaimana sektor energi dapat berkembang, dari segi keekonomisan nya dengan implementasi teknologi yang mampu mengurangi biaya dan emisi, terhadap konteks masing-masing negara khususnya Indonesia.

Anies juga menyampaikan riset yang sangat relevan ini tentunya bisa dijadikan salah satu acuan dalam pembuatan kebijakan transisi energi ke depan. Dia berharap, Indonesia dapat mengadopsi usulan untuk energi masa depan. Dan, menjadi narasumber dalam podcast Bloomberg Switched On di London, Inggris.

Sumber: kbanews

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close