Cak Nun Tak Pernah ‘Menyuruh’ Orang Berbuat Baik, Tapi Harus Pahami Satu Hal Ini - Konten Islam
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cak Nun Tak Pernah ‘Menyuruh’ Orang Berbuat Baik, Tapi Harus Pahami Satu Hal Ini

 

KONTENISLAM.COM - Budayawan dan tokoh Islam kondang Jawa Timur, Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun memberi sejumlah wejangan soal cara menikmati hidup. 

Salah satunya melalui bersyukur saat memiliki pekerjaan apapun.

Cak Nun sendiri mengaku tak pernah menyuruh para jemaahnya berbuat baik, melainkan ia mengajari mereka untuk menikmati perbuatan baik.

“Jangan sampai melakukan pekerjaan tidak mendapat kenikmatan, jadi saya tidak pernah nyuruh anda berbuat baik, tapi nikmatilah perbuatan baik,” ujar Cak Nun dikutip dari kanal YouTube Sinau Urip, Rabu (4/1/2023).

“Jadi anda harus menikmati pekerjaan anda, kalau tidak menggembirakan hasilnya pasti buruk,” imbuhnya.

Cak Nun lantas memberi permisalan kasus. Ia melempar pertanyaan untuk para Jemaahnya soal lidah sebagai indera perasa dan gula sebagai benda yang dirasakannya. Ia mengajak Jemaah menilai hidup dari kasus tersebut.

“Sampeyan tau rasanya manis? peristiwanya di gulanya atau di lidah? seandainya ada gula manis banget tapi lidahnya nggak bisa merasakan kira-kira manis nggak?,” katanya.

Karena itu, Cak Nun menuturkan supaya orang-orang terus menikmati pekerjaannya. Apapun yang sedang dijalani harus dilakukan secara ikhlas.

“Makanya, kita harus terus menerus memperbaiki diri kita, hatinya harus ikhlas, pikirannya harus cerdas, maka seluruh pekerjaan akan menyenangkan dan nikmat,” terangnya.

“Jadi saya selalu berpsinsip apa saja akan saya nikmati, caranya adalah mencari hikmah dari yang diberikan Allah,” pungkas Cak Nun.  [kontenjatim]
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close