Disebut-sebut Akan Disandingkan dengan Anies di Pilpres, Ini Tanggapan Yenny Wahid - KONTEN ISLAM | Berita Politik
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disebut-sebut Akan Disandingkan dengan Anies di Pilpres, Ini Tanggapan Yenny Wahid

 

KONTENISLAM.COM - Yenny Wahid disebut salah satu tokoh dari Nahdlatul Ulama yang bisa disandingkan dengan calon presiden usungan Partai NasDem, Anies Baswedan. Menanggapi hal itu, Yenny pun angkat bicara.

"Duh enak lagi, kemarin Pak Ganjar, sekarang Pak Anies, ya masyaallah," kata Yenny saat ditemui Tempo, Ahad, 15 Januari 2022.

Menurut pemilik nama lengkap Zannuba Arifah Chafsoh Wahid itu, urusan nama calon presiden dan calon wakil presiden merupakan urusan internal Partai NasDem.

"Saya masih akan fokus pada tugas yang diberikan oleh Nahdlatul Ulama sebagai ketua pelaksana harlah yang berlangsung di kota Solo," kata dia.

Menurut Yenny, untuk menggaet dirinya sebagai cawapres dari sisi NU itu mekanismenya sudah jelas, yakni dengan salat istikharah dan pendapat kyai. 

"Mekanisme itu selalu saya terapkan jadi secara rasional. Tentu akan saya olah, tetapi secara suara langit kira-kira begitu ya secara dalil naqli dan aqli. Jadi nanti ada sembilan kiai yang saya tanya dulu dan gongnya ibu saya pastinya. Siapa yang direstui beliau kita harus dukung siapa begitu," kata dia.

Sebelumnya, politikus NasDem Effendy Choiri alias Gus Choi mengatakan ada sejumlah nama dari NU yang bisa menjadi calon wakil presiden untuk Anies Baswedan.

Adapun nama-nama yang dimaksud yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Tengan Taj Yasin Maimoen, hingga Yenny Wahid.

"Kalau obrolan-obrolan di pengurus NasDem, level-level bawah, level menengah, sampai level atas ya intinya, antara lain ya dari lingkungan NU. Nah kader-kader NU itu ya, yang masih netral belum berpolitik praktis," ujar Gus Choi.

Gus Choi menilai, tokoh-tokoh NU belum masuk ke dalam ranah politik praktis, karena bukan merupakan kader partai. 

Menurut dia, nama-nama tersebut tak seperti Abdul Muhaimin Iskandar yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang sudah digandeng berkoalisi dengan Partai Gerindra.

"Belum (diusulkan ke Anies), tapi nama-nama yang mungkin pantas untuk dipertimbangkan untuk jadi cawapres Anies dari kalangan NU," ujar Gus Choi.

Berbeda dengan Gus Choi, Ketua Bappilu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Isyana Bagoes Oka, menyebut munculnya nama Yenny Wahid dalam bursa cawapres pendamping Anies Baswedan, sepenuhnya menjadi hak Partai NasDem.

Dia mengaku tidak heran dengan munculnya nama Yenny Wahid sebagai cawapres Anies Baswedan. 

Pasalnya, Yenni Wahid memiliki track record yang baik pada kiprahnya di NU maupun dunia politik.

"Partai kan punya hak untuk mencalonkan siapa pun yang mereka inginkan. Tapi yang jelas Mbak Yenny Wahid itu kan sangat luar biasa track record-nya. Apalagi Mbak Yenny putri dari mantan presiden, Abdurahman Wahid," kata Isyana.

Sumber: tempo
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close