Gus Choi Ungkap Fakta Terbaru: Demokrat dan PKS Makin Mantap Dukung NasDem Usung Anies Baswedan - KONTENISLAM.COM | Berita Politik
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gus Choi Ungkap Fakta Terbaru: Demokrat dan PKS Makin Mantap Dukung NasDem Usung Anies Baswedan

 

KONTENISLAM.COM - Gus Choi sapaan akrab Effendi Choiri mengungkapkan sebuah fakta tentang kekompakan tiga partai saat ini untuk pengusung Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Tiga partai tersebut, yakni NasDem, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS dan Partai Demokrat. Tiga partai itu yang selama ini disebut-sebut bersinergi dalam Koalisi Perubahan untuk pilpres nanti

Bahkan yang terjadi saat ini, adalah tiga partai itu punya tim kecil yang bertugas menggodok nama-nama calon presiden untuk disandingkan dengan Anies Baswedan, calon presiden Pilres 2024.

Dikatakannya, dalam waktu yang tak terlalu lama lagi, tiga partai ini akan mendeklarasikan calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan.

Meski belum diketahui kapan waktu pendeklarasian tersebut, namun Gus Choi yang juga Ketua DPP Partai NasDem itu mengatakan jika tak ada halangan maka momen tersebut berlangsung pada akhir Januari 2023 nanti.

Atau paling lambat Februari 2023, Partai Demokrat dan PKS akan mendeklarasikan nama cawapres yang dinilai pantas untuk mengusung perubahan Indonesia pada Pilpres 2024 mendatang.

Kedua partai tersebut, lanjut Gus Choi, sudah siap bergabung bersama NasDem. “Saya dengar kabar, PKS dan Demokrat akan melakukan deklarasi mendukung Anies sebagai calon presiden.”

“Kalau bukan akhir Januari maka mungkin Februari 2023 deklarasi itu dilakukan. Pokoknya kira-kira Januari atau Februari nanti itu akan dideklarasikan,” kata Gus Choi di Kopi Politik, Jakarta Selatan, Sabtu 7 Januari 2023.

Dikatakannya, kedua partai tersebut memiliki visi yang sama dengan NasDem untuk mendorong Anies Baswedan. Ketiganya juga telah mantap berkoalisi menyongsong Pemilu 2024.

“Atas informasi itu saya yakin PKS sama Demokrat itu punya keimanan yang mantap untuk mendukung Anies sebagai calon presiden bersama NasDem. Jadi orang lain boleh ragu tapi kami mantap. Nasdem mantap, yakin, mereka tidak goyah,” jelas Gus Choi.

Dia memahamii bahwa saat ini ada pihak tertentu yang mencoba untuk mengagalkan koalisi tersebut. Pihak tersebut menawarkan posisi menteri kepada PKS dan Demokrat.

“Meskipun ada yang menawari kekuasaan, mau dikasih menteri ini, menteri itu untuk menggoyahkan pendirian, tapi kami yakin mereka goyah. Mereka justeru semakin mantap mendukung Anies,” pungkasnya.

Sebagai informasi, NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) yang diusungnya di 2024 mendatang.

Kendati demikian, partai besutan Surya Paloh ini belum memenuhi persyaratan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden 20 persen.

Saat ini, NasDem sedang melakukan penjajakan koalisi  bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, rencana kerja sama bakal Koalisi Perubahan ini belum juga mendeklarasikan setelah sempat tertunda pada tahun lalu.

NasDem pun telah menyerahkan kepada Anies untuk menentukan calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya.

Namun, Demokrat dan PKS sama-sama menawarkan diri untuk menempati posisi cawapres Anies Baswedan.

Hasil Survei, Anies Kuasai 3 Provinsi di Jawa

Sebelumnya diberitakan, Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei tiga tokoh yang berpotensi menjadi bakal calon presiden (capres) RI 2024.

Mereka adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Survei Poltracking ini dilakukan di Pulau Jawa saja, tepatnya di lima provinsi.

Yakni di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dari hasil survei tersebut, Anies Baswedan diprediksi menang di tiga provinsi.

Sedangkan Ganjar menang di dua provinsi

Lantas berikut hasil survei Poltracking Indonesia terkait peta elektabilitas tiga bakal calon presiden 2024.

DKI Jakarta

1. Anies Baswedan unggul dengan perolehan suara 49,6 persen

2. Ganjar Pranowo 27,5 persen

3. Prabowo Subianto 15,7 persen

Banten

1. Anies Baswedan unggul dengan angka 47,6 persen

2. Prabowo Subianto 28,5 persen

3. Ganjar Pranowo 16,1 persen

2. Prabowo Subianto 30,8 persen

3. Ganjar Pranowo 18,7 persen

Jawa Tengah

1. Ganjar Pranowo unggul dengan angka 71,4 persen

2. Prabowo Subianto 10,8 persen

3. Anies Baswedan 9 persen

Jawa Timur

1. Ganjar Pranowo unggul dengan angka 36,1 %

2. Prabowo Subianto 25,5 %

3. Anies Baswedan 19,6 %

Dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Pulau Jawa menjadi fokus survei karena hampir 60 persen jumlah pemilih berada di Pulau Jawa.

Sementara terkait survei Poltracking dilakukan pada 26 November hingga 2 Desember 2022 dengan total 1000 responden di tiap provinsi.

Elektabilitas Anies Tertinggi di Jakarta

Sementara berikut hasil survei Poltracking lainnya, yakni terkait elektabilitas para tokoh di DKI Jakarta.

1. Anies Baswedan mendapat angka 49,6 persen di Jakarta.

2. Ganjar Pranowo 27,5 persen

3. Prabowo Subianto 15,7 persen.

4. Ridwan Kamil 3,2 persen

5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,3 persen

6. Erick Thohir 1,7 persen

7. Sandiaga Uno 1,4 persen.

Kemudian ada Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa persen, Airlangga Hartarto kompak berada di angka 0,6 persen.

Selanjutnya Ahmad Heryawan 0,3 persen dan Luhut Binsar Panjaitan 0,2 persen.

Tokoh lain berada di angka 0,1 persen, yakni Muhamad Mardiono, Mahfud MD, Listyo Sigit Prabowo, Zulkifli Hasan, Yahya Cholil Staquf, Tito Karnavian dan Muhaimin Iskandar.

Sumber: poskupang
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close