Ke Arab Saudi semakin mudah - KONTEN ISLAM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ke Arab Saudi semakin mudah

 

KONTENISLAM.COM - By Tere Liye

Idealnya, bagi penduduk Indonesia, pergi ke Arab Saudi itu sama mudahnya ke Malaysia atau Singapura. Kenapa? Karena kita itu kan punya kedekatan luar biasa. Tapi puluhan tahun, pergi ke Saudi itu rumit.

Mau umroh saja misalnya, ngurus visanya rumit. Padahal, umroh itu kan mirip sj dgn turis. Bedanya, umroh adalah ziarah sekaligus ibadah. Masa' mau datang ke masjid2, tempat2 sejarah Nabi, eh susah.
Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir, Saudi mengubah banyak kebijakan. Salah-satunya, soal visa ini. Mereka punya visa turis. Negara2 tertentu, sudah 2-3 tahun lalu bebas2 saja masuk ke Saudi, visa on arrival. Atau bikin eVisa. Gampang. Mudah dan cepat.

Apakah Indonesia bisa? Belum. Tapi jika kalian pegang visa US, UK atau Schengen yg masih valid, dan pernah dipakai sekali, ada stamp masuk. BISA! Mudah sekali. Wuuush, sampai di Saudi, dapat visa on arrival selama 1 tahun, multiple entry.

Saya sudah mencobanya. Silahkan buka visitsaudi.com utk keterangan lebih lanjut. Atau kalau mau dapat visa umroh langsung dari Saudi, silahkan buka nusuk.sa

Sekali visa turisnya sdh dapat, ke Saudi sudah seperti ke Malaysia saja. Semoga dalam waktu dekat penduduk Indonesia juga bisa dapat eVisa dari Saudi, tanpa harus pegang visa US, UK dan atau Schengen.

Dan besok2, semoga haji juga dibuat simpel. Selain antrian super panjang itu, seharusnya ada satu fitur lagi: undian. Kasih slot tambahan misalnya 200.000 seluruh dunia, diundi. Jamaah langsung ngurus ke Saudi. By pass.

Btw, ke Arab Saudi sekarang TIDAK ada lagi vaksin2an. Vaksin meningitis, covid, dkk, tidak ada. Mudah kan?

Dengan begini, pilihan bagi siapapun semakin banyak. Yang mau pakai travel silahkan, rezeki biro travel tdk akan terganggu. Yg mau 'backpackeran', atau ngurus sendiri, silahkan. Beli sendiri tiket pesawatnya, pesan sendiri hotelnya, di Saudi tinggal naik uber, dkk. Mau sebulan wisata di Saudi juga bisa.

3/1/2023

(fb)
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close