Mahfud MD Disebut Kesulitan Memisahkan Posisi Sebagai Akademisi dan Kekuasaan Terkait Perppu Cipta Kerja - KONTEN ISLAM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahfud MD Disebut Kesulitan Memisahkan Posisi Sebagai Akademisi dan Kekuasaan Terkait Perppu Cipta Kerja

 

KONTENISLAM.COM - Menko Polhukam Mahfud MD nampaknya kesulitan memisahkan posisinya sebagai akademisi dan bagian kekuasaan saat menyatakan penerbitan Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) 2/2022 tentang Cipta Kerja sesuai prosedur.

“Mahfud MD nampaknya sulit memisahkan jarak antara ruang intelektualitas dengan wilayah kekuasaan,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, dikutip RMOL, Kamis (5/1).

“Akhirnya senang tidak senang, dia (Mahfud) larut dalam permainan kekuasaan itu,” imbuhnya.

Ujang meyakini, nurani Mahfud MD sebetulnya mengerti bahwa Perppu tidak pas diterbitkan karena Mahkamah Konstitusi menyatakan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja inskonstitusional bersyarat dan harus diperbaiki dalam kurun waktu 2 tahun.

Tetapi, lanjutnya, sekalipun Mahfud MD pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, dia tidak berdaya menyuarakan nuraninya karena kini menjadi bagian kabinet pemerintah.

“Apakah Mahfud mau MK dilecehkan? Tentu tidak mau. Tetapi keberadaan dia di kekuasaan menjadi Menko Polhukam yang membuat dia tidak berdaya,” katanya.

“Karena terbitnya putusan MK yang meminta perbaikan UU Cipta Kerja dalam 2 tahun itu, diacak-acak dengan terbitnya Perppu,” demikian Ujang. 

Sumber: pojoksatu

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close