Presiden Jokowi Digugat Soal Pengangkatan Hakim MK Guntur Hamzah - KONTENISLAM.COM | Berita Politik
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Jokowi Digugat Soal Pengangkatan Hakim MK Guntur Hamzah

 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta buntut menolak pembatalan Keppres 114/P/2022 terkait pengangkatan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Guntur Hamzah untuk menggantikan Hakim MK, Aswanto.

Gugatan dilayangkan Priyanto, sosok yang sebelumnya mengajukan judicial review Pasal 87 huruf b UU MK dengan perkara 96/PUU-XVIII/2020. Gugatan tersebut bernomor 2/G/2023/PTUN.JKT.
 
”Gugatan saya telah terdaftar di PTUN Jakarta,” kata Priyanto kepada wartawan, Kamis (5/1).

Priyanto menilai, pengangkatan Hakim MK Guntur Hamzah yang menggantikan Aswanto setelah dberhentikan DPR RI menyalahi prosedur undang-undang.

Penerbitan Keppres 114/P/2022 secara substansi juga dinilai cacat dan tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU MK, baik secara prosedural maupun secara materiil.

Secara prosedural, kata dia, suatu tindakan pemberhentian dan perbuatan pengangkatan Hakim Konstitusi merupakan dua peristiwa yang terpisah dengan proses hukum yang berbeda sehingga keduanya tidak dapat dituangkan dalam satu Keppres. 

Sumber: RMOL
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close