Suka Tidak Suka, Partai Ummat Bisa Mengguncang PAN - Konten Islam
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Tidak Suka, Partai Ummat Bisa Mengguncang PAN

 

KONTENISLAM.COM - Lolosnya Partai Ummat sebagai salah satu partai politik peserta Pemilu 2024 akan menjadi ancaman baru bagi partai politik lain, khususnya Partai Amanat Nasional (PAN).

Analis politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif mengatakan, kehadiran Partai Ummat secara tidak langsung akan meningkatan persaingan politik dalam merebut nilai ambang batas parlemen.
 
Menurutnya, Partai Ummat mempunyai kemiripan basis suara dengan PAN, yaitu sama-sama dari pemilih yang bergantung pada sosok Amien Rais. Karena masih ada anggapan bahwa di kalangan pemilih mereka melihat PAN itu ada karena faktor Amien Rais meskipun Ketua Umumnya sekarang Zulkifli Hasan.

"Diakui atau tidak, Partai Ummat yang didirikan oleh Amien Rais bisa mengguncang posisi PAN karena ada sosok Amien Rais yang juga sebagai pendiri PAN," ujar Ikhwan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (4/1).

Meskipun dari faktor ideologi kedua partai berbeda, menurut dia, masih ada anggapan bahwa di kalangan pemilih melihat PAN karena faktor Amien Rais meskipun ketua umum sekarang dijabat Zulkifli Hasan.

"Partai Ummat sudah pasti menjadi ancaman baru bagi PAN karena dalam partai politik kekuatan figur politik sangat penting. Apalagi Amien Rais sama-sama sebagai pendiri kedua partai tersebut," tandasnya. 

Sumber: RMOL
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close