Waduh! Muncul Dugaan Hasil Survei Bohong Soal Elektabilitas Ganjar Pranowo, Begini Logika Rocky Gerung

 

KONTENISLAM.COM - Pengamat politik Rocky Gerung blak-blakan mengherankan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di 42 persen seperti yang dirilis oleh lembaga survei Charta Politika Indonesia.

Hal itu ditanggapi Rocky Gerung dalam akun YouTube pribadi miliknya. 

Dalam tayangannya, Rocky Gerung seakan menyebut bahwa hal itu tidak masuk akal lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meng-endorse Ganjar Pranowo disebut ingin menuda pemilu.

Rocky Gerung mengatakan bahwa dengan elektabilitas Ganjar Pranowo, seharusnya dipercepat saja pemilunya.

"Loh kenapa mau ditunda pemilunya, dipercepat aja mumpung Ganjar elektabiltiasnya 42 persen. Nanti kalau ditunda turun lagi elektabilitasnya ke 12 persen, atau bahkan ke 0,2 persen," papar Rocky Gerung dikutip NewsWorthy dari akun YouTube pribadi miliknya, Kamis (5/1).

Rocky Gerung menegasakan bahwa ucapannya itu berdasarkan logika dan hal itu memang sangat mudah terbaca.

"Kan logika ini saja dengan mudah dibaca, itulah pentingnya untuk berfikir," tegas Rocky Gerung.

Ia pun kerap menyinggung lembaga survei Charta Politika yang disebut berbohong terkait hasil survei tersebut.

"Kan gampang, bayangkan saya kalau Ganjar 42 persen sekarang oleh survei siapa itu kemarin, Charta Politika. Kalau Ganjar sudah 42 persen ya ngapain tunda pemilu, kan Ganjar pasti menang, itu tandanya survei bohong," papar Rocky Gerung.

Sementara itu, sebelumnya lembaga  Survei Charta Politika Indonesia merilis survei terbaru pada Kamis, 22 Desember 2022, elektabilitas Ganjar Pranowo meraup suara 42,8 persen. 

Angka ini berpotensi memenangkan pertarungan Pilpres 2024 hanya satu putaran jika melawan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Data tersebut merupakan data ekstrapolasi yaitu simulasi ketika tingkat pengenalan calon diasumsikan sama rata atau mendekati pemilihan dengan 3 nama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar berada di angka 42,8  persen. Sementara di bawahnya Anies Baswedan mendapat 28,1 persen, Prabowo Subianto 23,9 persen, dan responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 5,2 persen. 

"Mas Ganjar naik di angka 42,8 persen jauh meninggalkan Anies diangka 28,1 yang Pak Prabowo di angka 23,9 persen," kata Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya. [wartaekonomi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close