Akademisi Universitas Lambung Mangkurat: Harapan Rakyat Kini Ada pada Sosok Anies

Daftar Isi
 

KONTENISLAM.COM - Kehadiran Anies Baswedan yang disambut dengan gegap gempita oleh puluhan ribu masyarakat Banjarbaru khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya kemarin bagi akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr. Siswanto Rawali, S.Sos., M.Si., bukan sesuatu yang mengejutkan.

Karena mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kini sudah menjadi simbol harapan rakyat.
 
“Memang saat ini rakyat sudah jenuh, sudah muak dengan politisi dan elite kepemimpinan nasional. Kehadiran Anies itu bisa dianggap sebagai antitesis dari kondisi itu,” jelasnya kepada KBA News pagi ini.

Sebab dia menjelaskan sejak reformasi bergulir entah sudah berapa kali digelar pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah. Tapi sayangnya pemilu dengan anggaran yang luar biasa besar tersebut tidak menghasilkan pemimpin yang amanah.

“Seandainya diperiksa semua kepala daerah di Indonesia hasil dari proses politik yang begitu rumit dan mahal itu, saya kira hampir tidak ada kepala daerah yang bebas dari jeratan hukum,” ucap pakar komunikasi politik ini.

Belum lagi dalam amatannya, lembaga penegak hukum serta aparat pertahanan dan keamanan juga kerap tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga tidak bisa dibedakan apakah lembaga-lembaga tersebut sebagai institusi negara/pemerintahan atau alat politik/kekuasaan.

“Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Karena kalau dibiarkan, yang terjadi adalah hilangnya harapan dan kepercayaan rakyat terhadap institusi pemerintahan dan politik kita,” ungkapnya.

“Dan kalau itu terus terjadi, maka akan menciptakan suatu kerusakan yang sangat besar dan memperbaikinya nanti sangat susah kalau rakyat sudah kehilangan harapan, sudah kehilangan kepercayaan kepada institusi pemerintahan dan institusi politik kita,” katanya lagi.

Karena itulah menurutnya kehadiran Anies yang sudah dikenal selama ini kepribadian dan rekam jejak kepemimpinnya menggembirakan. Dengan tampilnya Anies, mantan Mendikbud yang pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina tersebut diharapkan bisa memulihkan harapan dan kepercayaan rakyat tersebut.

“Mungkin ada sosok lain. Tetapi saat ini harapan itu ada Pak Anies,” ungkapnya.

Namun, dia mengingatkan Anies agar benar-benar menjaga kepercayaan dan harapan rakyat tersebut. Terutama harus tetap bisa terbebas dari pengaruh oligarki seperti yang telah ditunjukkan ketika memimpin Ibu Kota. Menurutnya itu merupakan satu tantangan. Karena cobaan akan semakin besar seiring dengan membesarnya kekuasaan yang diemban.

“Karena orang juga tahu, pemimpin yang baik di negara ini, berusaha untuk dirayu, didekati oleh kelompok perusak, kelompok yang memiliki sumber daya. Tapi niatnya itu merusak,” imbuhnya.

“Kalau ini tidak di dijaga dengan baik atau nanti akhirnya Pak Anies dikelilingi oleh cukong-cukong perusak, harapan rakyat akan cepat sekali berubah. Tapi kalau misalnya Pak Anies itu bisa menjaga, harapan rakyat akan bisa dikembalikan,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Anies Baswedan disambut puluhan ribu masyarakat Banjarbaru begitu mendarat di Bandara Internasional Syamsudin Noor. Rangkaian kegiatan Anies selama di Bumi Mangkurat tersebut juga terus mendapat meriah dari masyarakat. Terutama puncak agenda Anies menyapa pendukungnya di Stadion Mini Barakat, Martapura, Kabupaten Banjar.

Sebelum bertolak ke Pontianak, Kalimantan Barat Jumat pagi ini untuk melanjutkan agenda politiknya, Anies menyempatkan ke Pasar Terapung Lok Baintan menemui acil jukung, sebutan para pedagang di pasar terapung tersebut.

Sumber: kba

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close