Brand China Ditempel Brand Esemka, Jadilah Brand Esemka . Brand Hasil Tipu Diri Sendiri

 

KONTENISLAM.COM - Ini mengingatkan kita dengan brand Timor besutan Tommy Soeharto yang menempel logo brand KIA dengan logo brand Timor di tahun 1990an akhir abad lampau. Bedanya Tommy jujur mengumumkan pada dunia bahwa Brand Timor itu asalnya brand KIA.

Esemka rupanya terinpirasi gagasan Tommy dengan menempel brand China dengan Brand Esemka dengan cara sembunyi dengan klaim original Esemka dari Boyolali. Dipamerkan dengan brand Esemka di Indonesia  International Motor Show (IIMS) 2023, yang digelar mulai 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. setelah ketahuan hebohlah dunia otomotif dan masyarakat luas.

Mobil ini sering dijadikan sebagai ikon mobil buatan nasional. Tapi, ada kabar mengejutkan. Ternyata mobil ini bukan produksi dalam negeri, melainkan diimpor dalam bentuk completely built up (CBU) langsung dari China.
Seperti diketahui, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) menampilkan Esemka Bima EV di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.
Untuk mobil ini, Esemka memang masih harus mengimpor. Namun, untuk lini produk Esemka lainnya, sudah diproduksi di dalam negeri.

Saat ini, Bima EV dibanderol Rp 530 juta. Untuk menekan harga, Esemka pun sudah memiliki rencana untuk memproduksi kendaraan ini secara lokal di pabrik Boyolali, Jawa Tengah

“Sementara masih diimpor tuh dari China tapi di masa depan bukan tidak mungkin akan kami produksi sendiri di Tanah Air,” kata Direktur Utama Esemka Eddy Wirajaya dikutip Jumat (17/2/2023).

Saat ditanya kenapa memilih China, sementara ada Jepang dan Korea Selatan yang terkenal dengan industri otomotifnya, Eddy pun mengungkapkan alasannya.

Bos Esemka itu sempat menghela nafas sembari tertawa selama 4 detik lalu menjawab meski tidak secara eksplisit menjelaskan alasannya secara detil.

“Secara bisnis mitra kerja, kami mencari calon mitra itu yang bisa membuat kami dalam komitmen bersama apapun mitra yang tergabung dengan kami, local brand kami adalah bagian kolaborasi,” jelasnya.

Meski demikian, Esemka tetap terbuka dengan peluang kerja sama yang ada. Pasalnya posisi perusahaan murni swasta sehingga bisa bekerja sama dengan pihak manapun.

“Kita sudah banyak bermitra dengan yang lain dan kita posisinya tetap terbuka, apabila dalam waktu kondisi yang sama bisa menjadi suatu kolaborasi bersama kami akan lakukan,” pungkas Eddy. [fusilatnews]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close