PKS Ajukan Aher Jadi Cawapres Anies, Surya Paloh Bilang AHY Lebih Pantas

 

KONTENISLAM.COM - Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Allhabsy mengatakan bahwa partainya menawarkan Wakil Ketua Majelis Syura Ahmad Heryawan atau Aher sebagai calon wakil presiden cawapres pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Tawaran itu disampaikan Habib Aboe tak lama setelah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, mengatakan bahwa cawapres ideal untuk Anies adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ya, kalau dari PKS ya memang Aher ditawarkan ke Tim Kecil (Koalisi Perubahan) itu," kata Habib Aboe usai acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS 2023, Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Namun seiring proses yang masih terus berjalan, ia menegaskan cawapres pendamping Anies Baswedan nantinya mesti memiliki kecocokan yang baik dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Tetapi kita lihat saja chemistry itu berjalan dengan waktu ketemu titik nanti," ujarnya.

Habib Aboe menekankan siapa pun yang akan menjadi pendamping Anies Baswedan harus memiliki elektoral yang kuat.

"Pastinya calon wapresnya menyumbang elektoral paling kuat," imbuhnya.

Dia menyebut bahwa pembahasan terkait pilpres di Tim Kecil Koalisi Perubahan sangat dinamis setiap harinya. Meski demikian, dia meyakini pembahasan terkait capres-cawapres kian mengerucut pada satu nama.

Surya Paloh: AHY Lebih Pantas

Sebelumnya pada Rabu (22/2/2023) Surya Paloh mengatakan bahwa AHY lebih dari pantas untuk menjadi cawapres Anies Baswedan.
 
"Kalau ditanya pantas, sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas," ujar Surya Paloh usai melakukan pertemuan tertutup dengan AHY di Kantor DPP Demokrat, Jakarta.
 
Hal tersebut dia sampaikan untuk menjawab pertanyaan wartawan mengenai pantas atau tidaknya AHY mendampingi Anies yang dicalonkan sebagai capres di Pilpres 2024 oleh Koalisi Perubahan.
 
Dalam kesempatan yang sama, Surya kembali menegaskan, sebagaimana yang dia sampaikan saat mendeklarasikan dukungan NasDem mengusung Anies sebagai capres di Pilpres 2024, pemilihan pasangan cawapres merupakan wewenang penuh yang dimiliki Anies.

Dalam acara deklarasi di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022) itu, Surya telah menyampaikan bahwa untuk memilih seorang pendamping atau cawapres harus mempertimbangkan unsur kecocokan dari Anies sebagai capres.
 
"Bagaimana pun, keputusan akhir ada di tangan capres (Anies Baswedan). Dari awal, saya katakan mengenai masalah pelaksanaan cawapres, dari sejak awal deklarasi, saya serahkan kepada capres. Kalau nanya pendapat saya, (AHY) cocok," ujar dia.

Sumber: suara

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close