3 Partai Pengusung Anies Capai Kesepakatan, SKI: Perubahan Tak Terbendung

 

KONTENISLAM.COM - Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tiga partai koalisi pengusung Anies Baswedan. Hal ini dinilai jadi simbol soliditas koalisi partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

“Kami sangat mengapresiasi itikad NasDem, Demokrat dan PKS dalam mengatasi berbagai perbedaan demi memperjuangkan munculnya figur pemimpin perubahan pada Pilpres 2024,” kata Sekjen SKI Raharja Waluya Jati melalui keterangan tertulis, Kamis, 23 Maret 2023.
 
Ia menilai ditandatangano MoU terkait koalisi ketiga partai itu membuktikan NasDem, Demokrat, dan PKS bersedia mendengar harapan masyarakat. Terutama, mereka yang menginginkan masa depan yang penuh keadilan dan kemakmuran sebagaimana cita-cita konstitusi.

“Kami menaruh respek yang tinggi pada tekad para pemimpin tiga partai untuk terus berada di sisi rakyat. Mereka tetap kuat meski kita mendengar betapa dahsyat bujuk rayu dan gangguan yang berupaya mengagalkan jalannya perubahan,” ungkap Jati.

Jati mengatakan upaya tiga partai untuk menyatukan diri dengan memperbesar persamaan pandangan dan meminimalisasi perbedaan bisa menjadi inspirasi. Khususnya, bagi kelompok-kelompok pendukung Anies dari unsur nonparpol.

“Perubahan tak bisa dibendung. Kelompok-kelompok masyarakat pendukung perubahan sudah sewajarnya menyatukan gerak langkah dalam kolaborasi perjuangan bersama NasDem, Demokrat dan PKS,” ujar dia.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu resmi meneken Piagam Kerja Sama yang disaksikan langsung Anies Baswedan pada Rabu malam, 22 Maret 2023. Sebelumnya, MoU serupa diteken Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Kami mengucapkan selamat kepada Pak Surya Paloh, Mas AHY, dan Kiai Syaikhu atas perkembangan terakhir mengenai piagam kerja sama koalisi,” ujar Jati.

Kelengkapan tandatangan dalam Piagam Kerja Sama, menjadikan koalisi tiga partai telah memiliki syarat yang mencukup untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Ketiga partai itu mengantongi 163 kursi atau setara dengan 28 persen dari total kursi parlemen. Sementara itu, dari segi perolehan suara dalam Pemilu 2019, tiga partai tersebut meraih lebih 25 persen suara.

Sumber: medcom

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close