5 Gagasan Kepemimpinan Anies Baswedan Jika Ditakdirkan Menjadi Presiden

Daftar Isi
 

KONTENISLAM.COM - Anies Baswedan bertandang ke Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan lima konsep dan gagasan kepemimpinan bila ditakdirkan menjadi presiden pada 2024.

Pertama, kata Anies, menjaga nilai demokrasi yang merupakan tanggung jawab seluruh pihak. “Dan kita berharap, MK juga ikut menjaga demokrasi kita, parpol juga menjaga demokrasi kita, masyarakat pun menjaga demokrasi kita,” terang Anies saat paparkan gagasan kepemimpinan, Kamis (2/3/2023).
 
“Nah kami melihat, kualitas pertumbuhan ini harus ditingkatkan, isunya soal kesetaraan ekonomi yang harus menjadi bagian ekonomi. Kami juga ingin agar yang besar tambah besar, yang kecil tambah besar. jangan sampai sebaliknya,” papar Anies.

Ketiga, masyarakat dapat guyub. Menurut Anies, keguyuban merupakan hal penting bagi Indonesia yang dikaruniai keragaman. Keguyuban masyarakat dapat tercapai bila sejahtera.

“Bersatu adalah pilihan manusia, kita yang harus menentukan, kita yang harus mengikhtiarkan. Kalau beragamnya itu sudah otomatis, itu sudah disampaikan latar belakang itu tidak bisa dipisahkan,” ucap Anies.

Keempat, kolaborasi dan meritokrasi. Anies mengatakan Indonesia hanya bisa maju kalau ada kolaborasi. Ia pun menyinggung terkait nilai gotong royong yang melekat. Gotong royong dapat dilakukan antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

“Segitiga ini dibangun untuk sebuah kolaborasi yang luar biasa. Dan dalamnya ada prinsip meritokrasi dimana prestasi mendapatkan penghargaan kinerja mendapatkan proporsi apresiasi yang cukup. Dengan begitu maka negeri ini bakal terus-menerus maju karena mereka yang mendorong kemajuan terus menerus memberikan keselamatan untuk bergerak,” papar Anies.

“Kelima, gagasan ke depan disebutkan ada dua unsur politik ke depan, politik berdasarkan gagasan dan rekam kerja dan kedua politik persatuan dan keadilan. Itu lah rencana yang kita jalankan, itu juga yang kemarin kita coba laksanakan ketika di Jakarta. Jadi harapannya Indonesia kita bisa mengalami peningkatan kemajuan,” tambahnya.

Sumber: sindonews

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close