Ada Seruan Tak Perlu Bayar Pajak, Dirjen Pajak Temui Ketua Umum PBNU

Daftar Isi
 

KONTENISLAM.COM - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo menemui Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Kamis (2/3/2023). Pertemuan semula diagendakan di Kantor PBNU tapi karena Gus Yahya kurang sehat pertemuan kemudian digeser ke kediaman pribadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Dalam pertemuan sejak pukul 08.30 hingga 10.00 WIB, Suryo Utomo didampingi beberapa petinggi Direktoreat Jenderal Pajak (DJP). Sementara Gus Yahya antara lain didampingi pengurus lainnya seperti Alisa Qotrunnada Wahid dan Jusuf Hamka.

"Gus Yahya menegaskan PBNU tak pernah membuat seruan untuk boikot bayar pajak, karena NU selalu seiring sejalan dengan pemerintah," kata Jusuf Hamka mengutip percakapan dalam pertemuan.
 
Kalau ada kasus yang bersifat pribadi atau oknum, ia melanjutkan, tentu tidak patut lantas menyerang institusinya. Gus Yahya juga berharap agar proses hukum terhadap putra eks pejabat pajak berjalan secara objektif dan transparan.

Seperti diberitakan sebelumnya, muncul seruan dari mantan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj agar masyarakat tak bayar pajak. Hal itu terkait dengan dugaan penyelewengan dana pajak oleh eks pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo. Putra Rafael, Mario Dandy Satriyo sebelumnya terlibat aksi kekerasan terhadap David Latumahina.

Menurut Jusuf Hamka yang menjabat Ketua Bidang Kesra PBNU, apa yang disampaikan Kiai Said Aqil kurang bijaksana. Sebagai pengurus Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (BAZIS) DKI Jakarta, menganalogikan andai ada putra pengurus BAZIS yang menyelahgunakan dana zakat apakah layak menyerukan segenap kaum muslim untuk tidak membayar zakat.

"Sebagai ulama yang kita hormati bersama sebaiknya tidak provokatif lah. Sebagai pengusaha saya bersaksi bahwa sudah banyak berubah di dunia perpajakan kita. Pada 2016 saya pernah lapor ada oknum pajak yang nakal, dia langsung dipecat kok," ujarnya.

Lagi pula, Jusuf Hamka yang juga pengusaha jalan tol itu melanjutkan, pajak ini sudah nyata dirasakan manfaatnya untuk membiayai pembangunan. "Setback lah kalau gak ada orang mau bayar pajak," pungkasnya.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close