Anies Sebut Ada Menko Ingin Ubah Konstitusi: Ini Harus Dilawan

 

KONTENISLAM.COM - Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan ada menteri koordinator (menko) yang ingin mengubah konstitusi Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam acara 'Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Tokoh KAHMI' yang digelar KAHMI Jaya di Ancol, Jakarta, Kamis (16/3/2023) malam.

"Kok, ada orang yang berada dalam posisi kunci, Menko, mengatakan mengubah konstitusi dengan jumlah orang berapa banyak yang mau mendukung," kata Anies.

Meski demikian, Anies tak menyebut Menko apa yang ingin mengubah konstitusi tersebut.

Ia mengaku tak bisa membayangkan petinggi negeri ini mengatakan ingin mengubah konstitusi secara terang-terangan. Ia menilai bila ada pendapat kontroversial seperti demikian, pasti diutarakan di ruang tertutup.

Anies menilai kondisi seperti demikian bukan menunjukkan kualitas demokrasi Indonesia yang alami penurunan. Baginya, kondisi ini terjadi ketika orang yang tidak punya komitmen terhadap demokrasi makin berani mengutarakan pikirannya secara terbuka.

"Ini bukan menurun kualitas demokrasi, tapi orang yang tidak komit pada demokrasi makin berani ungkapkan pikirannya terbuka," kata Anies.

"Jadi tak tabu. Ini yang harus dilawan. Kenapa? Ini bukan melawan orang, tapi menyelamatkan semangat reformasi yang kita lakukan tahun 1998. Jadi kita jaga itu. Karena kalau tidak maka akan rusak," tambahnya.

Melihat kondisi itu, Anies menilai seharusnya aturan main yang dibuat harus dihormati dan dijaga. Bila kondisi ini dijaga, ia optimistis kondisi bisa lebih baik ke depannya.
"Yang kita butuhkan fair play, penyetaraan kesempatan, kenetralan dari pemegang kewenangan. Kalau itu terjadi, Insyallah apa yang kita ikhtiarkan bisa laksanakan," kata Anies.

Ditemui usai acara, Anies enggan menyebut Menko siapa yang disinggungnya tersebut.

"Ya sudah yang saya katakan tadi itu," kata Anies, dilansir CNNIndonesia.
 
Walaupun Anies tidak menyebut nama Menko dimaksud, publik pun menduga-duga siapa Menko tersebut.

"Semua orng udah tau siapa yg dimaksud dan gelagatnya emang jelas mulai dari manuver para mentri, mpr, dpr sampe putusan PN Di MIDLE EARTH pelakunya adalah pmilik one ring "Lord of (the ring)". Punya kekuatan besar. Keahlian segala macem. Banyak didukung oleh bangsa mordor (buzer)," komen netizen akun twitter @FatraIncs.

Ada pula netizen yang langsung menyebut nama Luhut.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close