Direvitalisasi Saat Anies Gubernur DKI, Tebet Eco Park Raih Gelar Taman Kota Terbaik

 

KONTENISLAM.COM - Taman Tebet atau yang sekarang dikenal dengan nama Tebet Eco Park yang direvitalisasi mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dinobatkan sebagai Taman Kota Terbaik dalam Penganugerahan Penghargaan Adipura.

Penghargaan dalam bentuk Plakat Adipura Kategori Taman Kota Terbaik ini diterima langsung oleh Walikota Jakarta Selatan, Munjirin dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, Selasa 28 Februari 2023.
 
Dalam kesempatan ini, Munjirin juga menerima Piala Adipura Kategori Kota Metropolitan seperti wilayah Kota/Kabupaten lainnya di Jakarta.

“Ini berkat kerja keras kita semuanya,” kata Munjirin.

Penganugerahan Penghargaan Adipura ini digelar di Auditorium dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

“Kita berkomitmen dengan jajaran agar pencapaian ini bisa dipertahankan dengan baik. Jadi, realitas di lapangan yang sekarang sudah tercipta, akan dipertahankan betul,” kata Munjirin.

Tebet Eco Park dikelola Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta untuk menjadi Ruang Publik atau Ruang Ketiga di Jakarta.

Selain ruang publik yang aman, nyaman, dan setara bagi warga, Tebet Ecopark ini bisa diakses gratis untuk menikmati keindahan alam terbuka di tengah kota.

Konsep eco park di taman ini semakin terasa dengan pengaplikasian vegetasi dan tanggul alami, serta teknik soil bio engineering di saluran air yang ada di dalam taman.

Selain membantu meningkatkan kapasitas tampungan air hujan, pendekatan ini juga menyerasikan kembali saluran air dan taman yang dilaluinya sebagai satu kesatuan ekosistem yang alami. Dengan demikian, kualitas air dapat diperbaiki dan keanekaragaman hayati dapat dipulihkan.

Ada delapan zona yang disiapkan di Tebet Eco Park. Yaitu sisi Utara terdapat Tebet Eco Park Plaza, Community Lawn, Thematic Garden, dan UMKM. Sedangkan, sisi Selatan terdapat Wetland Boardwalk, Community Garden, Children Playground, dan Forest Buffer.

Sumber: kba

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close