Israel Ikut Piala Dunia U-20 Indonesia, Legislator Senayan Serukan Penolakan: Negara Penjajah! - KONTEN ISLAM

Israel Ikut Piala Dunia U-20 Indonesia, Legislator Senayan Serukan Penolakan: Negara Penjajah!

 

KONTENISLAM.COM - Keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia ditentang sejumlah pihak. Salah satunya oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS, Abdul Fikri Faqih.

Secara tegas Abdul Fikri Faqih mengatakan bahwa Israel adalah bangsa penjajah yang bertahun-tahun menyengsarakan rakyat Palestina.

Untuk itu, dia mendesak pemerintah beserta penyelenggara Piala Dunia U-20 memperhatikan sikap negara terhadap Israel.

Apalagi, isu penolakan terhadap Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 Indonesia sudah menjadi kontroversi sejak pertengahan tahun lalu.

“Pemerintah harus memperhatikan sikap negara terhadap penjajahan. Ini kan amanah konstitusi dan para pendiri bangsa. Penolakan terhadap delegasi Israel untuk masuk Indonesia pernah dilakukan oleh Presiden Soekarno pada Asian Games IV (24-31 Agustus 1962),” kata Abdul Fikri dalam keterangan tertulis yang dikutip Hops ID pada Minggu, 5 Maret 2023.

Dia pun berharap pemerintah bisa konsisten dalam membela rakyat Palestina yang selama ini ditindas Israel.

“Saya berharap pemerintah dapat konsisten dalam membela Palestina dan tegas terhadap Israel,” tegasnya.

Senada dengan Abdul Fikri, Anggota DPR RI lainnya yakni Almuzzammil Yusuf turut mengkritik pernyataan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Diketahui, Erick menegaskan bakal menjamin kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia.

“Erick Thohir jangan cuma bicara lantang tentang keamanan tim sepakbola U-20 Israel selama bertanding di Indonesia, tapi harusnya bicara juga tentang keamanan ratusan ribu warga Palestina di wilayah pendudukan dan penjajahan Israel,” kata Almuzzammil.

Almuzzammil menegaskan bahwa kehadiran Israel di Indonesia mencederai asas peri kemanusiaan dan keadilan.

“Penjajahan tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan,” tegasnya.

Untuk diketahui, Piala Dunia U-20 Indonesia akan berlangsung pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia kelompok umur di bawah 20 tahun.

Sebanyak 24 negara akan bertanding dalam turnamen ini termasuk Israel yang menjadi wakil Benua Eropa. Bagi Indonesia, ini merupakan kedua kali ikut serta dalam Kejuaraan Dunia Remaja FIFA tahun 1979.

Pada bulan Juni 2020, PSSI telah mengumumkan dan menunjuk enam stadion untuk pertandingan Piala Dunia U-20 2021 yang pada saat itu sempat ditunda oleh FIFA terkait pandemi Covid-19.

Keenam tempat penyelenggaraan tersebut diantaranya Palembang, Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya dan Gianyar.***

Sumber: hops

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam
close