Polri Kumpulkan Saksi-CCTV Cari Tahu Sumber Api Kebakaran Depo BBM Plumpang

 

KONTENISLAM.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya terus melakukan investigasi terkait peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Pihaknya saat ini sedang mengumpulkan saksi dan bukti untuk mencari tahu penyebab kebakaran.
"Tentunya untuk mencari tahu sumber apinya dari mana, ini sedang lakukan pendalaman tim, saat ini kita sedang mengumpulkan saksi-saksi, kemudian CCTV, dan kemudian hal-hal yang kita perlukan," kata Jenderal Sigit di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).
 
Sigit mengatakan setelah pihaknya mengetahui sumber awal api, pihaknya baru bisa menjelaskan penyebab kebakaran ini.

"Yang sifatnya teknis, tinggal nanti bisa kita jelaskan secara scientific tentang peristiwa yang sebenarnya, khususnya terkait dengan sumber api, dan kemudian mengakibatkan terjadinya kebakaran," jelasnya.
 
Sebelumnya, Sigit menjelaskan peristiwa sebelum terjadinya kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. Dia mengatakan ada momen pengisian BBM jenis Pertamax di lokasi.

"Jadi sementara yang bisa kita jelaskan pada saat kejadian kemarin kurang lebih jam 20.00 WIB sedang terjadi pengisian atau penerimaan minyak jenis Pertamax dari Balongan diterima di Depo Plumpang," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).

Pada saat proses pengisian BBM pertamax tersebut, terjadi gangguan teknis di lokasi. Hal itu diduga menyebabkan munculkan tekanan kuat dan lantas terjadi kebakaran.

"Kemudian terjadi suatu gangguan teknis yang kemudian mengakibatkan tekanan berlebih. Setelah itu, didapati peristiwa terbakar," ujarnya mantan Kapolda Banten tersebut.
 
Diketahui, kebakaran terjadi pada Jumat (3/3) pukul 20.11 WIB. Pertamina mengkonfirmasi bahwa kebakaran di Depo Plumpang terjadi pada bagian pipa. Pemadam kebakaran telah mengerahkan 250 orang personel untuk memadamkan api itu.

Kebakaran maut itu juga menewaskan belasan orang di lokasi. Hingga siang ini tercatat ada 17 korban meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Sementara itu, jumlah pengungsi mencapai 705 orang. Warga yang terdampak diungsikan di beberapa titik.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close