Video Pengakuan Tokoh Katolik Dukung Anies Viral, Meruntuhkan Politik Adu Domba

 

KONTENISLAM.COM - Video pernyataan Albertus Norben Syukur mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden viral di media sosial. Dalam rekaman gambar hidup berdurasi empat menit itu, pimpinan ormas berbasis umat Katolik di Jakarta ini menepis anggapan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu radikal, intoleran, termasuk prokhilafah.

Justru karena kepemimpinan yang terbukti mengayomi semua umat beragama di samping berbagai keberhasilannya secara umum membuat tokoh asal Flores, Nusa Tenggara Timur ini, tidak sekadar mendukung tapi juga siap memperjuangkan Anies pada Pilpres 2024. Dia bahkan bergabung dalam kelompok relawan Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (AMAN).
 
Video singkat tersebut merupakan potongan dari podcast Indra Charismiadji “ORANG FLORES KOK DUKUNG ANIES BASWEDAN??? bersama Norben selama hampir 30 menit di kanal Youtube @LAMAN TV, pada Senin, 27 Februari 2027 lalu.

Menurut Indra Charismiadji, Juru Bicara DPP Laskar AMAN yang juga seorang Katolik ini, video tersebut menyebar luas di dunia maya termasuk di grup-grup percakapan WhatsApp karena masyarakat selama ini dibombardir dengan hoaks, fitnah terkait sosok Anies Baswedan.

“Ya, selama ini kan buat Pak Anies itu selalu framing-nya, beliau adalah intoleran, radikal. Bahkan tudingannya kalau Pak Anies jadi presiden, Indonesia akan berubah menjadi Suriah, menjadi negara khilafah, negara Islam. Ini terus dihembuskan oleh orang-orang yang mau bermain dengan politik adu domba supaya [masyarakat] tidak milih [Anies]. Karena pasti takut dong,” jelasnya kepada KBA News, Rabu, 1 Maret 2023.
 
Namun dengan munculnya Norben, dirinya, dan termasuk sejumlah tokoh Katolik lainnya yang tergabung dalam Laskar AMAN meruntuhkan tembok pemisah atau anggapan yang selama ini coba ini bahwa kelompok minoritas tidak akan mendukung bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan tersebut.

Karena itu pula, video penjelasannya bertema “Katanya vs Faktanya : Anies Baswedan Adil untuk semua agama?” di kanal Youtube @Cerita Orang Dalam pada Minggu, 26 Februari 2023 juga viral.

“Jadi kan seolah-olah orang yang dengan profil seperti kami ini, apa pun ceritanya tidak mungkin mendukung Pak Anies. Tapi dengan munculnya kami ini, langsung meruntuhkan tembok itu. Orang jadi aneh kok ada orang Katolik yang mendukung Anies. Nah, kita ini muncul dengan gaya baru,” bebernya.

Sebab, mereka mendukung Anies bukan berdasarkan agama, tapi mengacu pada rekam jejak yang telah dilakukan Anies sebelumnya. Track record tersebut berdasarkan fakta dan data yang bisa dipertanggungjawabkan, bukan hoaks.

“Makanya pada dasarnya yang memilih Pak Anies itu bukan karena agamanya, bukan karena kepercayaan, suku. Tapi karena rekam jejak beliau. Bagaimana beliau mengayomi semua, memperjuangkan kesetaraan, keadilan sosial, Pancasila. Dan itu tidak disukai oleh mereka-mereka yang selama ini bermain dengan politik adu domba,” tegasnya.

Dengan viralnya berbagai video mereka, Indra yang juga pakar pendidikan ini menyambut baik. Dia berharap masyarakat pun memilih calon berdasarkan alasan-alasan objektif dan rasional dan tidak terpengaruh dengan opini bahwa capres tertentu hanya untuk kalangan tertentu.

“Kalau ini terbukti viral. Berarti ada sebuah nafas baru, warna baru yang itu tadi, meruntuhkan tembok-tembok pemisah,” tandasnya.

Sumber: kba

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close