Bukan Kos-kosan dan Solar? Saor Siagian Bisa Tebak Biang Sumber Kekayaan AKBP Achiruddin

 

KONTENISLAM.COM - Pegiat antikorupsi Saor Siagian ikut buka suara soal asal usul kekayaan AKBP Achiruddin Hasibuan yang belakangan terseret kasus usai anaknya melakukan penganiayaan.

Menurut dia, kekayaan AKBP Achiruddin memang sangat terbilang tak wajar. Apalagi belakangan ditemukan sejumlah bukti baru terkait sumber kekayaan dan harta terlapor di LHKPN.

Saor mengaku sudah menduga asal-usul kekayaan AKBP Achiruddin yang kerap membagikan momen pamer harta di media sosial.

Sebelum menyinggung kekayaan AKBP Achiruddin, Saor lebih dulu menyinggung sikap aneh seorang reserse dalam kasus penganiayaan atas korban Ken Admiral.

Baginya, AKBP Achiruddin terbilang sadis, karena bukan hanya mewadahi adanya penganiayaan, namun juga seolah melakukan pembiaran. Bahkan saat ada pihak yang ingin membela korban, dia melarang dan membiarkan penganiayaan itu tetap terjadi.

"Saya mengatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya ada seorang perwira, yang paling menyakitkan rasa nurani kita, dia menyaksikan penganiayaan itu dan mengatakan biar gentle, kemudian terjadilah duel. Ini menurut saya tragedi kegagalan cultural di Kepolisian," kata Saor di AKI Malam, disitat Sabtu 29 April 2023.

Menurutnya, jika seorang Perwira menengah saja memiliki mindset seperti demikian, maka tak terbayangkan seperti apa di atasnya. Andai saat ini AKBP Achiruddin menjalani Patsus 30 hari ke depan, Saor pun menilai dia layak diberikan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

"Saya kira ini layak dia ini di PTDH," katanya.

Hal menyakitkan hati lainnya, yakni soal sumber kekayaan AKBP Achiruddin yang dinilai tak wajar. Terbaru, aparat hukum menemukan bunker bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang dimiliki Achiruddin di sebuah gudang miliknya yang tak berada jauh dari rumah megahnya.

Dia menduga, AKBP Achiruddin melakukan unsur penyelundupan. Hal inilah yang makin membuat jengkel publik di Tanah Air.

"Bayangkan petugas yang dibayar negara, bajunya dibayar negara malah kemudian mengambil keuntungan. Oleh karena itu saya kira ini harus ditindaklanjuti juga dugaan pasal pencucian uang, yang bisa dijerat PPATK."

"Bayangkan kembali, seorang AKBP, kalau kita lihat profil rumahnya kemudian Rubiconnya, kemudian motor gedenya, tapi dia hanya melaporkan kekayaannya hanya sekian ratus juta," kata Saor.

Saor menduga, asal usul kekayaan terbesarnya yakni aksi kejahatan korupsi narkoba di bidang yang dipegangnya. "Nah dugaan yaitu adalah money laundry, kejahatan asalnya kemungkinan besar karena dia di narkoba," katanya.

Senada disampaikan eks Kabareskrim Komjen (purn) Ito Sumardi. Dia turut menyesalkan bukan hanya kasus keterlibatan penganiayaan terhadap Ken Admiral, tetapi juga profil beliau yang kerap pamer menggunakan Rubicon dan Harley Davidson.

Kasus ini, kata dia, langsung mengingatkan publik ke kasus Mario Dandy dan Rafael Alun Trisambodo. Dia menduga, sumber kekayaan AKBP Achiruddin tentu bukan dari kos-kosan yang dimiliki, namun indikasi kejahatan sebagai seorang perwira polisi di bidang reserse.

"Apalagi ditemukan ada bunker BBM ilegal, BBM subsidi. Kalau usaha kos-kosan ataupun usaha kontrakan saya kira itu wajar, tapi dengan BBM ilegal ini kena lagi ya pasal-pasal pidana lain. Dan dia juga adalah seorang anggota yang memiliki profesi di bidang reserse narkoba kan. Sangat disayangkan," katanya soal kekayaan AKBP Achiruddin.[poskota]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close