Erdogan Umumkan Dua Astronot Pertama Turki Siap ke Luar Angkasa

 

KONTENISLAM.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan memilih Alper Gezeravci dan Tuva Cihangir Atasever sebagai penjelajah luar angkasa pertama yang dikirim ke luar angkasa pada kuartal terakhir tahun ini.

Gezeravci adalah seorang pilot di Angkatan Udara Turki. Sedangkan Atasever adalah seorang insinyur sistem di produsen rudal Turki Roketsan di bidang sistem peluncuran luar angkasa.

Berbicara di acara teknologi besar negara itu TEKNOFEST, seperti dilansir Daily Sabah (29/4/2023), Erdogan mengatakan Gezeravci akan dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, sementara Atasever terpilih sebagai calon cadangan.

Turki mendirikan Badan Antariksa Turki pada 2018. Kemudian, mengumumkan program luar angkasa serta misi luar angkasa berawak pada 2019.

Erdogan mengatakan kaum muda akan membawa Turki ke liga teratas dan mereka akan mewujudkan impian negara untuk kemerdekaan penuh. Dia menambahkan Turki telah banyak berjuang untuk membangun iklim di mana kaum muda dapat mengejar impian mereka tanpa rasa takut.
“Kami mematahkan belenggu keterbelakangan di Turki. Kami membangun infrastruktur Turki yang hebat dan kuat,” katanya, dilansir Anadolu Agency.

Dia juga mengatakan Turki menjadi harapan bagi semua orang yang tertindas.

“Kami telah menunjukkan bukanlah takdir bangsa kami untuk hidup dengan bergantung pada orang lain,” ujar Erdogan.

Dia menyebut TEKNOFEST adalah acara penerbangan dan luar angkasa nomor satu di dunia. Dia menekankan, jumlah peserta dalam acara tersebut meningkat setiap tahun sejak 2018. Jika edisi pertama acara ini menerima 4.233 pengajuan dari kompetitor pada 2018, tahun ini jumlahnya mencapai 333 tim dan satu juta orang.

Erdogan menyinggung mengenai produk pertahanan Turki terkini, seperti jet tempur tanpa awak Kizilelma, warcraft generasi kelima TF-X, IMECE satelit, warcraft ringan, dan jet latih Hurjet dan Multirole Heavy Combat Helicopter ATAK-2. Semua itu, katanya, menunjukkan TEKNOFEST sebagai simbol dari semua ini perkembangan.

TEKNOFEST berlangsung selama lima hari, mulai Kamis. Pameran ini menampilkan beberapa proyek teknologi mutakhir dan produk pertahanan. (arrahmah)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close