Israel: RI Tak Begitu Banyak Bantu Palestina, Lebih Banyak Negara Arab - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Israel: RI Tak Begitu Banyak Bantu Palestina, Lebih Banyak Negara Arab

 

KONTENISLAM.COM - Israel: RI Tak Begitu Banyak Bantu Palestina, Lebih Banyak Negara Arab.

Benarkah? 

Dalam konteks apa, uang? Jelas, karena bantuan uang dari Indonesia mungkin tidak sebanyak negara-negara Arab.

Tapi, dalam konteks diplomasi dan dukungan internasional, suara Indonesia juga bikin kalian menggelinjang kok 😌

(Herriy Cahyadi @herricahyadi)

***

Duta Besar Israel untuk Singapura, Sagi Karni, menuturkan salah satu alasannya karena Jakarta masih juga tak memiliki hubungan diplomatik dengan Tel Aviv.

"Jujur saja, Indonesia tidak begitu banyak membantu Palestina selama ini. Menurut pandangan saya, dengan hanya membuat pernyataan ke media, ini tidak begitu menolong Palestina terlalu banyak," kata Duta Besar Israel untuk Singapura, Sagi Karni kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Pernyataan itu diutarakan Karni saat ditanya soal penolakan sejumlah organisasi masyarakat atas kehadiran timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Imbas penolakan ini, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah ajang sepak bola bergengsi itu.

Sejumlah pihak menolak kehadiran timnas Israel karena dinilai mengkhianati Palestina. Mereka juga menilai menerima kehadiran timnas Israel melanggar konstitusi Indonesia yang menolak segala bentuk penjajahan.

Namun, menurut Karni, penolakan itu tak banyak membantu Palestina dan bukan berasal dari mayoritas publik Indonesia. Sebab, ia mengklaim Israel justru menerima banyak minat dari berbagai pihak di Indonesia untuk menjalin hubungan normal dan kerja sama.

"Saya pikir dari yang kami lihat, kita mendengar itu (penolakan) dari segelintir suara saja dan mungkin sisanya majority silent," kata Karni.

"Kami justru melihat banyak minat dari Indonesia untuk menjalin hubungan baik dengan Israel. Banyak dari pengusaha Indonesia pergi ke Israel untuk menjajaki kerja sama dengan perusahaan Israel," ujarnya menambahkan.

Ketika ditanya soal dukungan RI ke Palestina, Karni menganggap Indonesia memiliki kapasitas dan kapabilitas terbatas untuk terjun langsung memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Karena (Indonesia) tidak memiliki hubungan normal dengan Israel. Dan ini tidak begitu bisa menolong mereka (Palestina) secara praktis," ucap Karni.

"Hanya membuat pernyataan ke media itu tidak akan menolong mereka (Palestina). Negara Arab terutama di dekat Israel lebih banyak membantu Palestina. Jauh-jauh lebih banyak lagi. Karena apa? Karena mereka memiliki perwakilan di lapangan (kedubes di Israel)," paparnya lagi.

Karni menuturkan Indonesia seharusnya tidak perlu berpihak dalam hal membuka hubungan dengan Israel, seperti sejumlah negara Arab.

"Sama seperti negara Arab lainnya, sebagian besar dari mereka memutuskan tidak berpihak dalam hal ini sehingga memilih untuk mendukung warga Palestina, membantu mereka, tapi di saat bersamaan juga bekerja sama dengan Israel," tutur Karni.

Sejauh ini, sejumlah negara Arab seperti Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Yordania, hingga Mesir memang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Meski begitu, negara-negara ini juga mendukung kemerdekaan Palestina dengan solusi dua negara.

Israel baru-baru ini juga menormalisasi hubungan dengan Turki, salah satu negara mayoritas Muslim yang sangat vokal menggaungkan dukungan terhadap Palestina.

Belakangan Israel juga dilaporkan tengah menjajaki prospek normalisasi hubungan dengan Arab Saudi.

"Jika Anda tidak berada di sana, Anda tidak memiliki hubungan dengan Israel, bagaimana Anda bisa membantu Palestina. Bekerja sama dengan Israel justru bisa membuat Indonesia menolong Palestina lebih banyak lagi," ucap Dubes Israel. 

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close