Ada Batu Aneh di Mars, Bentuknya Mirip Tulang Belakang Naga - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Ada Batu Aneh di Mars, Bentuknya Mirip Tulang Belakang Naga

 

KONTENISLAM.COM - Mars menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Planet alien tersebut merupakan dunia baru seluruhnya jika dibandingkan dengan Bumi.

Meski tidak memiliki lautan, Mars purba pernah memiliki air mengalir yang berkontribusi kepada pembentukan lanskap planet merah tersebut. Salah satu hasilnya adalah batu dengan beragam macam bentuk.

Rover NASA Curiosity menangkap foto batuan ini pada 1 April 2023 lalu Batu ini terletak di lembah Gediz Vallis, Mount Sharp. Sekilas, batu ini seperti tulang belakang naga, dengan duri yang meruncing keluar.

Bagaimana batu ini bisa terbentuk?

Nathalie A. Cabrol, peneliti Mars, mengatakan melalui cuitan Twitter bahwa penampakan batu ini adalah yang paling ‘aneh’ dalam 20 tahun pengalamannya meneliti Mars.

“Ketika air tanah purba mengalir di sini di Mars, ia membawa mineral yang mengeraskan batu di beberapa tempat lebih dari yang lain. Angin kemudian mengikis batu, meninggalkan bentuk-bentuk yang funky,” tulis akun resmi Twitter Mars Curiosity.


Secara sederhana, di masa lalu, air membawa kandungan mineral ke sela-sela batu/gundukan tanah, mengisi celah. Batu, atau gundukan tanah tadi memudar karena erosi, meninggalkan mineral yang sudah mengeras yang mengisi celah-celah di bawah, menyisakan duri-duri tajam menyerupai tulang.

Ini bukan kali pertama Curiosity berhasil menemukan batu luar biasa. Sebelumnya Curiosity juga pernah menemukan batu mirip karang laut, serta ular yang mengeras.

Sumber: kumparan.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close