Alasan Pemilu Turki Tak Bisa Dicurangi dengan Mudah

Pemilu Turki Tak Bisa Dicurangi 

KONTENISLAM.COM - Pemilu Turki tahun 2023 telah dilaksanakan pada Minggu, 14 Mei 2023. Penghitungan suara saat ini sedang berlangsung.

Baik Presiden Recep Tayyip Erdogan bersaing ketat dengan dua calon presiden. Apalagi dengan partai oposisinya Kemal Kılıçdaroğlu.

Meskipun survei menunjukkan bahwa suara Kılıçdaroğlu lebih baik daripada suara Erdogan. Hampir 25 persen suara menunjukkan bahwa Erdogan saat ini memiliki mayoritas. Pemilu Turki termasuk yang paling ketat dan menarik perhatian global.

Pemilu Turki sulit dicurangi karena partai politik dan LSM telah mengirimkan ribuan relawan untuk memantau proses pemilu.

Menjelang pemilu Turki, pejabat, partai politik, dan pengamat independen bersiap untuk memaksimalkan posisi mereka.

Di semua pusat pemungutan suara Turki, bahkan di semua negara di mana ada orang Turki. Untuk memastikan integritas dan keadilan yang baik.

Bertentangan dengan keraguan yang diajukan oleh organisasi berita internasional, dalam beberapa hari terakhir yang tampaknya melakukan propaganda pada Pemilu Turki.
 
Proses untuk memberikan suara dan penghitungan berikutnya telah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalkan kemungkinan kecurangan.

Lebih dari 60 juta orang berhak memilih dalam pemilihan presiden dan parlemen 14 Mei, diselenggarakan di 81 provinsi dan semua di bawah sorotan media.

Melibatkan pelacakan 191 ribu kotak suara dan banyak mata pada Pemilu, bertujuan agar tidak terjadi kecurangan.

Sebanyak 6,5 juta orang Turki tinggal di negara lain. Diantaranya 3,28 juta dari mereka berhak memberikan suara mereka dalam Pemilu Turki 2023.

Dibandingkan dengan 60,9 juta pemilih terdaftar di Türkiye, suara tersebut tampak sangat kecil.

Namun, negara tetap mengambil setiap langkah untuk memastikan keamanan kotak suara di gerbang bea cukai dan di negara-negara ekspatriat Turki ketika Pemilu berlangsung.

Setelah pemungutan suara selesai, tas tersegel dikirim ke Türkiye ditemani oleh perwakilan partai politik yang bersaing dalam pemilihan, dan dikunci di sebuah ruangan.

Mayoritas penduduk Turki tinggal di Eropa Barat, tempat para pekerja migran menetap pada 1960 sebagai bagian dari program rekonstruksi pasca-Perang Dunia II.
 
Masyarakat Turki adalah kelompok imigran Muslim terbesar di Eropa Barat. Lebih dari 1,5 juta warga Turki di luar negeri terdaftar dalam Pemilu 2023.

Diantaranya Jerman berada di urutan teratas dari pemilihan politik Turki dan bermain di puncaknya. Diikuti dengan Prancis, Belanda, dan Belgia.

Penyelenggaraan Pemilu

Dewan Pemilihan Tertinggi (YSK) Turki telah menerapkan sistem untuk memastikan integritas suara mulai dari tempat pemungutan suara.

Di setiap tempat pemungutan suara, dewan tersebut beranggotakan lima orang. Mencakup perwakilan dari YSK dan partai politik dominan yang telah ditunjuk.

Dewan melakukan pemeriksaan silang identitas pemilih dan untuk mengecek nama mereka termasuk dalam daftar pemilih atau tidak.

Untuk menghindari kemungkinan satu orang memberikan suara dua kali. Ini juga membantu membangun konsensus antara para pihak, tentang hasil perolehan suara.

Semua partai politik, termasuk Partai AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) dan oposisi Partai Rakyat Republik CHP.
 
Merupakan bagian dari Aliansi Bangsa enam partai, telah mengirimkan puluhan ribu pengamat ke tempat pemungutan suara.

Pemilu di Provinsi yang Dilanda Gempa

YSK juga telah membuat persiapan khusus untuk memfasilitasi para pemilih di 11 provinsi yang dilanda gempa mematikan pada 6 Februari lalu.

Sebanyak 300 ribu orang, yang berhak memilih dan telah pindah ke kota lain setelah bencana terjadi.

Mereka telah mendaftarkan diri dalam sistem khusus untuk memberikan suara tanpa harus kembali ke kampung halamannya.

Selama beberapa minggu terakhir, beberapa delegasi YSK telah mengunjungi wilayah yang dilanda gempa untuk mengetahui situasi dan mengakses kebutuhan mereka untuk melakukan pemilu.

Ribuan Pemantau Juga Mengikuti Pemilu

Partai-partai merekrut ribuan relawan khusus untuk keperluan memantau Pemilu. Perwakilan ini memiliki izin untuk menemani kotak suara.
 
Selain perwakilan partai dan pengurus YSK, LSM juga memiliki relawan sendiri untuk memantau pemungutan suara agar adil.

Setidaknya salah satu LSM mengatakan telah menugaskan sekitar 100 ribu orang untuk mengumpulkan dan memantau hasil pemungutan suara. Saat penghitungan dimulai, relawan partai politik hadir di TPS untuk mengawasinya.

Mereka juga dapat menghitung suara, mengambil gambar, dan menyampaikan informasi kepada atasan partai mereka. Kondisi tersebut membuat proses Pemilu menjadi lebih transparan.

Kehadiran pengamat independen termasuk tim beranggotakan 40 Dewan Eropa dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) yang datang atas undangan pemerintah.

Independensi Badan Pemilihan Umum terlihat jelas sejak awal bulan, ketika menolak permintaan pemerintah untuk data lokasi kotak suara menjelang pemilihan.

Oposisi tidak mendukung YSK berbagi lokasi stan dengan Kementerian Dalam Negeri, bahkan pada saat yang genting.

Ini menunjukkan bahwa otoritas Pemilu bekerja secara independen dari politik dan pengaruh pemerintah.

Untuk menghindari kebingungan, hanya Badan resmi Anadolu yang dikelola negara yang berwenang untuk merilis hasil pemilu. [HajiNews]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close