Anies Baswedan: Keinginan Perubahan dan Keadilan Sosial Bergaung di Mana-Mana



KONTENISLAM.COM - Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyatakan, keinginan rakyat Indonesia sangat tinggi. Hal ini dirasakan dan ditemui di semua tempat.

“Kami merasakan aspirasi dan keinginan tentang perubahan dan keadilan sosial. Itu bergaung di mana-mana,” kata Anies saat diwawancarai awak media dalam kunjungannya di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Dusun Panjer, Desa Jeru, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu, 24 Mei 2023.

Apa yang disampaikan Anies Baswedan ini sekaligus menepis keraguan yang selalu menempatkan namanya dalam survei yang selalu berada di urutan ketiga di bawah calon lain. “Soal survei, kita optimistis bahkan sangat optimistis,” tegasnya.

Namun, Anies mengakui untuk maju dalam konstestasi Pilpres 2024 tentu tidak hanya bermodalkan optimisme saja. “Tentu kami optimistis, tentu harus berusaha,” ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini mengungkapkan, berkaitan dengan survei tidak perlu dijadikan demotivasi atau semangat menjadi kendor. Survei tetap perlu dianggap sebagai feedback dan masukan untuk terus bekerja.

Menurut Anies, menjelang Pemilu 2024 yang masih delapan bulan, masih banyak potensi dan fluktuasi. “Bukan sisa waktu, tapi masih ada waktu sesuatu untuk berubah survei itu,” katanya.

Cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan ini mencontohkan saat berkompetisi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Fluktuasi hasil survei itu terjadi.

“Waktu Pilkada Jakarta itu belum ada survei yang menunjukkan kami nomor satu. Dan litbang yang sama, bahkan menempatkan kami nomor tiga jauh sekali. Ketika hasil pilkada ternyata berbeda,” jelasnya.

Sebelumnya, Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio dalam Chanel YouTube Refly Harun menyatakan, dalam banyak lembaga survei, Anies Baswedan memang selalu konsisten di urutan ketiga. Namun, yang perlu diingat swing vooter atau pemilih yang masih bisa berubah pada Anies Baswedan ini sangat sedikit.

Hensat, sapan akrabnya, mengutip survei Litbang Kompas yang menempatkan Ganjar Pranowo di urutan pertama. “Ganjar di survei itu tinggi, 30 persen. Tapi swing vooternya juga tinggi, 12-16 persen. Anies swing vooternya sedikit, pemilihnya solid,” jelasnya.

Dia mengatakan, Anies Baswedan hanya membutuhkan proses demokrasi yang jujur untuk menang. “Kalau demokrasi ini berjalan dengan jujur, menang dia,” tegasnya.

Sumber: kba

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close