Anies Baswedan, Tamu Istimewa di Haul Akbar Habib Sholeh Tanggul Jember Jatim

 

KONTENISLAM.COM - Pagi itu, kesibukan Umi Khadijah meningkat dari hari-hari biasanya. Ia terlihat memasak dan menyiapkan menu-menu makanan kesukaan. Putri Habib Sholeh Tanggul ini tampaknya tengah menanti tamu kehormatan, di tengah Haul Akbar Habib Sholeh yang berlangsung, pada 7 Mei 2023.

Benar ternyata. Ia tengah menanti tamu istimewa. Begitu Anies Baswedan datang, ia sumringah. Pertemuan keduanya ibarat pertemuan ibu dan anak yang lama terpisah jarak dan waktu.
Baca Juga

    Sekampus dengan Tony Blair, Begini Karakter Kepemimpinan Sesungguhnya Anies Baswedan di Mata Sejawat
    7 Februari 2023    
    Tokoh Nasionalis Jawa Tengah Dukung Anies Baswedan, Ini Alasannya
    15 April 2023    
    Ruhut Sitompul Upload Foto Editan Anies Baswedan Pakai Koteka, Netizen: Otaknya Kebencian dan Rasis!
    12 Mei 2022    

“Insya Allah keinginan Anies tercapai,” demikian salah satu doa Umi untuk Anies.

Anak-anak Umi Khadijah, antara lain Habib Hamid, Habib Muchsin, dan Habib Iyus, pun tak kalah antusiasnya saat menyambut Anies. Mereka berangkulan bak saudara. Akrab dan tak berjarak.

Setelah sarapan dan persiapan menuju lokasi acara, perlakuan seorang ibu terhadap anak kembali terjadi. Umi mendandani dan menyemprotkan wewangian ke tubuh Anies. Persis seorang ibu yang akan memberangkatkan anaknya ke suatu acara.
 
Dalam perjalanan menuju Masjid Riyadhus Sholihin tempat haul digelar, Anies dikawal anak-anak Umi Khatijah. Habib Hamid di depan, Habib Muchsin sisi kanan, Habib Iyus sisi kiri. Rombongan lainnya membentuk pelindung.

Mereka pun membelah lautan massa yang menyesaki jalanan. Beberapa kali Anies melambatkan langkah untuk melayani jamaah yang ingin bersalaman atau berfoto bersama.

Pagi itu juga menjadi hari yang istimewa untuk Capres dari Koalisi Perubahan untuk Perbaikan ini. Ia didaulat menjadi wakil keluarga besar Habib Sholeh untuk memberikan sambutan sekaligus mengucapkan selamat datang pada seluruh jamaah yang hadir dari berbagai penjuru se Indonesia.

“Saya mendapatkan kehormatan mewakili keluarga besar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid untuk memberikan sambutan selamat datang kepada para jamaah yang hadir hari ini,” kata Anies.

Penunjukan Anies sebagai wakil keluarga juga bukan keputusan mendadak. Keluarga besar Habib Sholeh sudah menganggap Anies seperti saudara selama ini. Apalagi, sejak dulu ibunda Anies, Aliyah Rasyid Baswedan dan Umi Khadijah sudah saling mengenal satu sama lain.

Sambutan Anies pun berisi puja-puji terhadap ketokohan Habib Sholeh. “Hari ini, kita terundang untuk meneladani perjuangan dakwahnya. Kita sering mendengar kesaksian luar biasa tentang Habib Sholeh. Doanya makbul, kedermawanannya masyhur,” kata Anies.

Selain sebagai ulama dan pemuka agama, Habib Sholeh juga dikenal sebagai sastrawan terkemuka. Sastranya yang berlimpah menggambarkan kemampuannya menerjemahkan apa yang dalam pikiran dan batin menjadi kalimat-kalimat yang luar biasa. Bahkan, penerjemahnya pun, kata Anies, mengalami kesulitan karena kosakata yang dimilikinya amat kaya.

Anies menambahkan, karomah Habib Sholeh menawarkan solusi bagi setiap persoalan umat. Begitu banyak yang menemui habib membawa masalah, pulang selesai masalah. Datang keadaan kurang sehat, pulang dalam keadaan sehat, datang dalam keadaan sempit, pulang dalam keadaan lapang.

“Insya Allah kita semua yang hadir di haul ini bisa merasakan hal itu. Yang datang dalam sempit bisa lapang, yang kurang sehat, jadi sehat kembali, yang bangkrut bisa bangkit dan maju kembali,” katanya.
Karena itu, kata Anies, ke depan cara terbaik untuk menghormati Habib Sholeh adalah menjaga warisannya, meneruskan amalan-amalannya dan perjuangan, serta menghidupkan semangatnya.

Selepas acara, Anies meninggalkan lokasi didamping Habib Hamid, Habib Muchsin, dan Habib Iyus. Yang unik, mereka kali ini tak beralas kaki alias nyeker begitu turun dari masjid. Bisa jadi, inilah salah satu tradisi saat haul berlangsung sebagai bentuk pengharapan atas berkah pada Habib Sholeh.

Keluarga besar Habib Sholeh berharap, semua perjuangan yang tengah dijalankn Anies senantiasa dimudahkan, dikuatkan, dan dilancarkan. Perjuangan ini memang berat, namun siapanpun yang menjalankan perjuangan atas keadilan, maka kuasa Allah akan terus hadir.

Baik Anies maupun keluarga besar Habib Sholeh bersepakat, silaturahmi ini harus terus berjalan, sebagaimana Habib Sholeh selalu memberikan kasihnya kepada siapapun makhluk hidup yang datang kepadanya.

Sumber: kba

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close