Anies : Kalau Tidak Sanggup Jujur, Jangan Masuk di Pemerintahan - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Anies : Kalau Tidak Sanggup Jujur, Jangan Masuk di Pemerintahan



KONTENISLAM.COM - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Rasyid Baswedan membagikan momen saat dirinya mengunjungi Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam kunjungan itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan mendapat kehormatan mengikuti serangkaian kegiatan. Salah satunya melakukan perjalanan spiritual dengan ziarah ke makam Batoro Katong, di Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.

Dia nampak bertemu dan menjalani tirakat bersama para sesepuh Pesarean Raden Batoro Katong.

“Sebuah kehormatan bagi kami, Alhamdulillah dalam suasana yang khusyuk dan khidmat dapat berdoa sekaligus ngangsu kaweruh bersama para sesepuh dari Pesarean Raden Batoro Katong, Ponorogo. Menjalani tirakat bersama,” kata Anies dalam instagram pribadinya dikutip KBA News, Kamis, 25 Mei 2023.

Menurut Anies, Batoro Katong berabad-abad lalu telah menjadi teladan sebuah pemerintahan yang dikelola pemimpin jujur, akan mendatangkan kemaslahatan bersama. Kemudian dia mendapatkan sebuah pesan dari Masyhur, untuk selalu jujur dengan masyarakat saat menjabat di pemerintahan.

“Bahkan pesannya masyhur, ‘Kalau tidak sanggup jujur, Jangan masuk di pemerintahan’,” ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta doa, agar diberikan kekuatan untuk terus amanah dan tetap istiqomah dalam mengemban kepercayaan dari masyarakat maupun partai pengusung.

“Maka dari itu kami memohon agar diberikan kekuatan untuk terus amanah dan istiqomah dalam mengemban kepercayaan yang tidak kecil ini. Sehingga Insya Allah, amanah yang diembankan menjadi ringan,” ungkapnya.

Anies menyampaikan apresiasi serta terima kasih. Kepada para juru kunci di Pesarean Raden Batoro Katong yang telah berperan aktif melestarikan kebudayaan Jawa Timur, khususnya di Ponorogo.

“Kami juga secara khusus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para tokoh sepuh dan juru kunci karena telah menjaga warisan pondasi budaya kita,” imbuhnya.

Dia berharap, yang dikerjakan saat ini agar mendapatkan ridha Allah SWT. Sehingga ke depan generasi penerusnya bisa mengambil hikmah dari perjalanan bangsa.

“Insya Allah, apa yang dikerjakan ini, mendapat ridha Allah SWT. Sehingga generasi selanjutnya dapat terus mengambil hikmah dari perjalanan bangsa,” tuturnya.

Batoro Katong ini merupakan pendiri Kabupaten Ponorogo sekaligus pelopor penyebaran agama Islam di Ponorogo. Batoro Katong juga merupakan adipati pertama di Ponorogo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu datang mengenakan baju penadon yang merupakan pakaian khas warok Ponorogo. Anies sempat menyapa masyarakat yang sudah menunggunya.

Dia kemudian memasuki gerbang Makam Batoro Katong. Pada saat masuk gerbang makam, Anies langsung disambut oleh puluhan juru kunci makam yang telah berbaris menyambut kedatangan mantan Rektor Universitas Paramadina itu. Di sana Anies mengikuti doa bersama.

Dia menjelaskan, kedatangannya ini untuk berziarah sekaligus silaturahmi dengan juru kunci seluruh Kabupaten Ponorogo.

“Kami datang ziarah, dan kami silaturahmi kepada para juru kunci diakhiri dengan doa bersama. Kami senang bisa kembali ke Ponorogo” jelasnya.

Bagi Anies, Ponorogo memiliki sejarah yang istimewa sebab kediamannya yang berlokasi di Lebak Bulus Dalam II, Jakarta Selatan merupakan warisan bangunan dari Ponorogo, tempat tinggal seorang Kiai Besar.

“Kami rawat dan kami senang kembali. Sekarang bisa ziarah ke Batoro Katong,” pungkasnya.

Sumber: kba

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close