‘Bapak AI’ Hengkang dari Google dan Ungkap Bahaya Mengerikan di Masa Depan

 

KONTENISLAM.COM - Geoffrey Hinton, yang dikenal sebagai “Bapak AI,” mengungkapkan kekhawatirannya tentang betapa pintarnya teknologi yang ia bantu kembangkan, seperti yang ia sampaikan kepada CNN pada hari Selasa (2/5/2023).

“Saya hanya seorang ilmuwan yang tiba-tiba menyadari bahwa hal-hal ini menjadi lebih pintar daripada kita,” kata Hinton kepada Jake Tapper dari CNN dalam sebuah wawancara pada hari Selasa. “Saya ingin meniup peluit dan mengatakan kita harus benar-benar khawatir tentang bagaimana kita menghentikan hal-hal ini untuk menguasai kita.”

Pekerjaan inovatif Hinton pada jaringan saraf membentuk sistem kecerdasan buatan yang menggerakkan banyak produk saat ini. Pada hari Senin (1/5/2023), ia menjadi sorotan karena meninggalkan perannya di Google, tempat ia bekerja selama satu dekade, untuk berbicara secara terbuka tentang kekhawatirannya seputar teknologi tersebut.

Dalam wawancara hari Senin dengan New York Times, yang pertama kali melaporkan perpindahannya, Hinton mengatakan ia khawatir tentang potensi AI untuk menghilangkan pekerjaan dan menciptakan dunia di mana banyak orang “tidak akan dapat tahu apa yang benar lagi.” Ia juga menunjukkan pada kemajuan yang sangat pesat, jauh melampaui apa yang diantisipasi olehnya dan orang lain.

“Jika itu menjadi jauh lebih pintar daripada kita, itu akan sangat pandai dalam manipulasi karena itu akan belajar dari kita, dan ada sangat sedikit contoh di mana hal yang lebih cerdas dikendalikan oleh hal yang kurang cerdas,” kata Hinton.

“Itu tahu cara pemrograman, jadi itu akan mencari cara untuk mengatasi pembatasan yang kita berikan padanya. Itu akan mencari cara untuk memanipulasi orang untuk melakukan apa yang diinginkannya,” tambahnya.

Hinton bukan satu-satunya pemimpin teknologi yang mengungkapkan kekhawatiran tentang AI. Sejumlah anggota komunitas menandatangani surat pada Maret yang meminta laboratorium kecerdasan buatan untuk menghentikan pelatihan sistem AI paling canggih selama setidaknya enam bulan, mengutip “risiko mendalam bagi masyarakat dan umat manusia.”

Surat tersebut, diterbitkan oleh Future of Life Institute, sebuah organisasi nirlaba yang didukung oleh Elon Musk, muncul hanya dua minggu setelah OpenAI mengumumkan GPT-4, versi yang lebih canggih dari teknologi yang menggerakkan chatbot viral ChatGPT. Dalam pengujian awal dan demo perusahaan, GPT-4 digunakan untuk menyusun gugatan, lulus ujian standar, dan membangun situs web yang berfungsi dari sketsa yang digambar dengan tangan.

Salah satu penandatangan surat tersebut, Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple, muncul di “CNN This Morning” pada hari Selasa, mengulangi kekhawatiran tentang potensinya untuk menyebarkan informasi salah.

“Menipu akan jauh lebih mudah bagi mereka yang ingin menipu Anda,” kata Wozniak kepada CNN. “Kami tidak benar-benar melakukan perubahan dalam hal itu – kami hanya berasumsi bahwa hukum yang ada akan menanganinya.”

Wozniak juga mengatakan bahwa “beberapa jenis” regulasi mungkin diperlukan.

Adapun Hinton, ia mengatakan kepada CNN bahwa ia tidak menandatangani petisi tersebut. “Saya tidak berpikir kita bisa menghentikan kemajuan,” katanya. “Saya tidak menandatangani petisi yang mengatakan kita harus berhenti bekerja pada AI karena jika orang di Amerika berhenti, orang di China tidak akan.”

Namun, ia mengakui tidak memiliki jawaban yang jelas tentang apa yang harus dilakukan sebagai gantinya.

“Saya tidak yakin bahwa kita bisa menyelesaikan masalah ini,” kata Hinton kepada Tapper. “Saya percaya kita harus melakukan upaya besar untuk memikirkan cara-cara untuk memecahkan masalah ini. Saat ini, saya belum memiliki solusi.”

Sumber: inilah.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close