Diprediksi Kalah di Semua Lembaga Survei, Erdogan Malah Unggul, Amerika Gigit Jari

 

KONTENISLAM.COM - Presiden Recep Tayyib Erdogan yang merupakan pejawat (incumbent) dalam posisi unggulan berasarkan hasil penghitungan sementara Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki pada Ahad (14/5/2023).

Kepala Biro Turki Middle East Eye, Ragıp Soylu, melaporkan hasil sementara versi Anka yang terafiliasi dengan kelompok oposisi menempatkan Erdogan unggul atas Kemal Kilicdaroglu masing-masing 49,25 persen dan 45,04 persen dengan 99,25 persen penghitungan kotak suara.

Adapun Sinan Ogan sebagai calon presiden (capres) ketiga meraih 5,29 persen. Muharrem Ince yang mendadak mundur tiga hari menjelang pencoblosan akibat skandal video porno masih mendapatkan 0,42 persen.

"Adakah yang bisa menjelaskan kepada saya mengapa beberapa orang masih percaya Kilicdaroglu mungkin memimpin, sementara Anka yang condong ke CHP melaporkan data di bawah dengan 99,25 persen surat suara telah dihitung?" katanya melalui akun Twitter @ragipsoylu dikutip Republika.co.id di Jakarta, Senin (15/5/2023) pagi WIB.
CHP yang dipimpinan Kemal Kilicdaroglu adalah Partai Rakyat Republik yang beraliran sekuler. CHP merupakan Kemalis alias partai yang ingin meneruskan warisan Mustafa Kemal Atatürk. CHP menjadi opisisi utama Partai Keadilan dan Pembangungan (AKP) yang didirikan Erdogan dan sudah berkuasa selama dua dekade terakhir.

Hasil penghitungan sementara seolah membantah semua hasil survei yang dihelat menjelang Pilpres Turki 2023. Pasalnya, berbagai lembaga survei menempatkan tokoh oposisi Kilicdaroglu sebagai pemenang. Sayangnya, hasil penghitungan sementara malah menempatkan Erdogan meraih kemenangan, meski pemilihan berpotensi berlangsung dua putaran jika tidak ada yang meraih 50 persen lebih.

Republika.co.id merangkum beberapa hasil survei yang diadakan beberapa hari menjelang Pilpres Turki 2023.

PanoramaTR

• Kilicdaroglu: 47,9 persen

• Erdogan: 46,6 persen

• Ogan: 5,6 persen

GEHSC/Globe Elections

Kilicdaroglu: 48,2 persen

Erdogan: 48,2 persen

Ogan: 3,4 persen

ORC

Kilicdaroglu: 51,7 persen

Erdogan: 44,2 persen

Ogan: 2,8 persen

Ince: 1,3 persen (mundur)

600vekil

Kilicdaroglu: 49,3 persen

Erdogan: 47 persen

Ogan: 3,7 persen

Politico

Kilicdaroglu: 49 persen

Erdogan: 45 persen

Ince: 2 persen

Ogan: 2 persen

[Sumber: Republika]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close