Elektabilitas Merosot, Lembaga Survei yang Unggulkan Ganjar Disponsori Siapa?

 

KONTENISLAM.COM - Elektabilitas bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, merosot signifikan. Setidaknya, itulah hasil survei versi LSI Denny JA. Disebutkan juga tiga alasan mengapa dukungan menurun.

Pertama, karena statusnya sebagai “petugas partai”, Ganjar dinilai tidak akan bisa mengambil keputusan secara independen, karena harus meminta restu ketua umum partainya.

Kedua, gagal menangani masalah kemiskinan di Jawa Tengah, dan ketiga, ikut membuat Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Tiga alasan itu masuk akal dan mempengaruhi elektabilitas Ganjar jadi turun," kata aktivis Kolaborasi Warga Jakarta, Andi Sinulingga, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (21/5).

Sebenarnya elektabilitas Ganjar sempat menunjukkan tren naik. Saat itu masih di angka 27,9 persen, di bawah Prabowo Subianto.

Selanjutnya naik, dan puncaknya terjadi pada Januari 2023, yakni sebesar 37,8 persen. Namun pada Mei 2023 turun di angka 31,9 persen.

Fakta itu berbanding terbalik dengan kompetitornya, Prabowo Subianto, yang tren elektabilitasnya terus tumbuh positif.

"Jadi survei-survei yang mengunggulkan Ganjar selama ini sebenarnya sponsornya siapa?" Andi Sinulingga balik bertanya.

Sementara itu, sebuah lembaga survei malah menempatkan Ganjar Pranowo di urutan pertama, diikuti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sumber: rmol

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close