Erick Thohir Mau Lebur Aset BUMN di Sekitar Monas, Ini Bocorannya



KONTENISLAM.COM - Menteri BUMN Erick Thohir berencana mengkonsolidasi atau melebur aset-aset BUMN di di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas). Erick mendorong PT Danareksa (Persero) melakukan konsolidasi ini.

Ia menyebut salah satu masalah BUMN Karya adalah kurang mengoptimalkan aset-aset propertinya. Danareksa sudah memetakan aset-aset BUMN agar bisa ditingkatkan nilainya agar tidak mangkrak. Apalagi menurutnya kawasan Monas bernilai cukup premium.

"Nah karena itu memang waktu itu Danareksa sudah lama, sudah memetakan mana aset-aset karya yang bisa terus ditingkatkan, jangan sampai jadi mangkrak. Khususnya yang di daerah Monas ini, ini ya aset premium. Kalau tidak dimaksimalkan sayang," ujarnya di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2023).

Ia menyebut Danareksa akan mencari skema untuk melebur BUMN menjadi property fund. Bahkan ada kemungkinan jika kantor BUMN pindah ke IKN Nusantara maka gedungnya akan dirobohkan untuk dijadikan komplek baru.

"Karena itu saya juga bicara dengan Danareksa untuk mendorong aset-aset BUMN yang ada di sekitar Monas ini agar jadi payung Properti Fund. Kita akan bangun kawasan ini supaya Aset BUMN value-nya ditingkatkan, salah satunya ini (Gedung Danareksa). Bukan tidak mungkin nanti kalau gedung BUMN pindah, ya gedung ini (BUMN) dirubuhkan, dijadikan komplek baru," bebernya.

Sebelumnya, Erick Thohir memiliki rencana besar untuk memperkuat BUMN karya. Dia mengatakan, akan menggabungkan BUMN-BUMN karya yang saat ini berada di bawah naungan PT Danareksa (Persero).

"Kita akan me-merger BUMN-BUMN karya yang ada di bawah Danareksa," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Sementara, untuk BUMN karya besar akan disinergikan. Sebutnya, PT Hutama Karya (Persero) akan disinergikan dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Lalu, PT PP (Persero) Tbk akan disinergikan dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close