Ganjar Pranowo Minum Kopi Pakai Tangan Kiri, Ini Kata Ustaz dan Hadist - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Ganjar Pranowo Minum Kopi Pakai Tangan Kiri, Ini Kata Ustaz dan Hadist



KONTENISLAM.COM - Ada-ada kelakuan warganet plus 62 ini hal-hal yang gak penting dan sepele sering direbutin contohnya terkait foto Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam foto itu Ganjar lagi minum kopi pakai tangan kiri.

Melansir dari kanal Youtube Gerakanpis di mana Cindy Florencine mengungkapkan gara-gara itu netizen ribut dan berdebat di media sosial ada yang bilang bahwa yang dilakukan Ganja ini nggak etis dan nggak sopan yang lain nyebut perbuatan Ganjar nggak Islami parahnya.

Ada yang bilang apa yang dilakuin Ganjar sebagai cara makan setan dalam Islam sendiri masih ada perdebatan soal hukum makan.

Dan minum pakai tangan kiri ada yang nganggep makruh ada juga yang bilang haram seperti Mazhab Syafi'i dan Hambali nganggep makruh.

Sementara Buya Yahya ulama asal Cirebon menganggap itu Nggak masalah menurutnya makan dengan tangan kanan itu hukumnya Sunnah.

Kalau anda makan dengan tangan kiri itu juga tidak dosa kata Buya Yahya jadi jangan suka berlebihan deh kala nilai sesuatu Ganjar minum pakai tangan kiri.

Sementara menurut Ustadz Khalid Basalamah yang dilansir dari kanal youtube Menara Islam mengatakan ada seorang sahabat pernah makan disisi Nabi Muhammad SAW dalam hadist Imam Muslim Rasullah bersabda "Janganlah kalian makan dan minum dengan tangan kiri karena setan makan dan minum dengan tangan kiri," (hadist Imam Muslim).

Dalam hadis lain, di mana apabila ada seorang yang makan dengan menggunakan tangan kiri terbawa kepada orang yang sombong.

"Makanya teman-teman, maaf ya kidal pun itu tidak boleh pakai tangan kanan tetap harus pakai tangan kiri. Kalau menulis dan yang lain masih boleh tapi untuk makan dan minum tidak boleh karena ada hadis menyebutkan kalau ada orang yang makan dan minum itu diambil oleh setan dan diambil oleh setan maka apabila saat kita lupa baca bismillah ketika makan dan minum lalu dia ingat maka setan yang telah mencuri makanan dan minumannya memuntahkannya kembali," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah mengatakan makan dan minum di dalam Islam memiliki adab di mana pada zaman nabi ada seorang yang kaya belum lama masuk Islam. Kemudian dia makan dengan tangan kirinya.

"Saat itu dia bangga, dia merasa makan yang dia makan adalah makanan orang-orang kaya. Makanya, Nabi Muhammad SAW mengatakan makanlah dengan tangan kananmu, Lalu orang kaya tadi menjawab, saya tidak bisa ya rasul? tapi dengan gaya yang sombong dia berkata," terang Ustaz Khalid Basalamah.

Maka, lalu Nabi Muhammad mengatakan semoga engkau tidak akan pernah. Usai kejadian itu orang kaya tersebut tidak bisa memasukan makanan dan minuman ke mulutnya dengan menggunakan tangan kiri akibat kesombongannya tadi.

Apakah ketika kita minum dengan memegang botol minum dengan tangan kiri dan memegang sedotan dengan tangan kanan hukumnya tetap minum dengan tangan kiri atau tidak diperbolehkan berbagai program kegiatan yang kiri?

"Walaupun dia minum dari sedotan itu dihitung pakai tangan kiri kamu angkat harus bagian aneh-aneh juga ya pegang gelas dipegang dengan tangan kirinya. ini Dia memasukkan ngirim yang terakhir ya tapi kita rencananya dia sandarkan di situ ndak mau megang langsung gelas telah sementara kulihat semuanya akan dicuci Kenapa di Anda pegang saja pakai tangan kanannya," terang Ustad Dzulqarnaen Muhammad Sanusi yang dilansir dari kanal Youtube DzulqarnainMS.

Soal berserikat antara kanan dan kiri dan kiri lebih mendominasi atau dihitung perbuatan tangan kiri. Jangan memasukkan dirinya ke dalam masalah.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk makan atau minum dengan tangan kiri dengan tangan kanan.

Makanlah dengan tangan kananmu kembali menyedot orang yang makan atau minum dengan tangan kiri tuh seperti setan. itulah hal yang diharamkan.

Melansir kanal youtube Yufid.TV di mana Di antara adab yang diajarkan Islam ketika makan atau minum adalah makan dan minum dengan tangan kanan. Islam melarang makan atau minum dengan tangan kiri karena sejatinya ini kebiasaan orang timur terutama di negeri kita.

Di samping itu, makan dan minum dengan tangan kiri merupakan tradisi setan. Sangat disayangkan sekali sebagian kaum muslimin tidak mengindahkan adab yang indah ini.

Ada beberapa hadist tentang makan dan minum yang mewajibkan untuk memakai tangan kanan dan larangan menggunakan tangan kiri.

Berdasarkan hadits tersebut, termasuk juga etika makan dan adab minum yang benar adalah menggunakan tangan kanan.

Untuk itu, jika ingin mendapatkan keberkahan ketika makan, maka jalanilah tata cara makan dan minum yang benar dengan mengikuti cara Rasulullah.

Mulai dari doa sebelum makan dan minum hingga doa sesudah makan dan minum. Inilah tips makan sekaligus cara makan sehat ala Rasulullah. Insyaallah kita akan paham dengan baik mengenai adab makan minum yang benar sesuai sunnah.

Ketika mengamalkan adab makan dan minum Rasulullah, itu berarti kita telah melakukan sunnah makan dan minum dalam Islam. Apakah makan dan minum membatalkan wudhu? Ada beberapa rincian tentang hukum ini.

Terdapat beberapa hadis yang menunjukan perintah makan atau minum dengan tangan kanan dan larangan dengan menggunakan tangan kiri diantaranya:

1. Hadis dari Ibnu Umar Rasullah bersabda "Jika kalian makan, maka hendaknya makan dengan tangan kanannya. Dan, jika minum maka hendaknya minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri," (HR. Muslim)

Dalam hadist ini ada perintah untuk makan dan minum dengan tangan kanan dan larangan makan dan minum dengan tangan kiri karena disebut tradisi setan.

2. Hadis dari Jabir, nabi bersabda jangan makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri.(HR. Muslim)

Ibnu Abdil Bar mengatakan siapa yang makan dan minum dengan tangan kiri sementara dia tahu larangannya dan tidak ada udzur baginya atau sakit yang menghalangi berarti dia telah durhaka kepada Allah dan rasul-Nya.(Al-Istidzkar).

Bagaimana makan dengan menggunakan kedua tangan? Tidak bisa disebut makan dengan tangan saja sehingga sesuai perintah hadis. Dan, tidak makan dengan tangan kiri saja sehingga menyalahi hadis.Dan, mendekati jika dibutuhkan untuk menggunakan dua tangan.

Bahkan, terdapar beberapa hadis yang mengindikasi bolehnya minum dengan menggunakan dua tangan meskipun tidak tegas dikarenkan di hadis itu disebutkan bahwa nabi minum memegang wadah besar (bejana) atau timba dari kulit sehingga sangat sulit. Jika, hanya menggunakan satu tangan satu tangan.

Dalam sebuah Hadis Abu Hurairah menceritakan bahwa beliau pernah diberi satu bejana susu oleh nabi Muhammad dan beliau diperintahkan untuk membaginya ke ahlus sufah. Setelah, semua minum kemudian Rasullah mengambil wadah itu. Lalu, diletakan di kedua tangan Abu Hurairah dan beliau bersabda: "Wahai Abu Hurairah, minumlah, lalu aku meminumnya," (HR. Turmudzi dan disahikan Al-Albani).

Diceritakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Umar bin Abi Salamah radhiallahu’anhuma:

Artinya: “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai Ghulam, bacalah Bismilillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah cara makanku setelah itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain makan, menggunakan tangan kanan juga berlaku ketika minum. Hal ini berdasarkan hadits dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

Artinya: “jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim). [harianhaluan]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close