Klaim jadi Deklarator Pertama Ganjar Pranowo sebagai Capres, Kenapa PSI Malah Tak Dianggap PDI-P?

 

KONTENISLAM.COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) besutan Grace Natalie mengklaim menjadi partai yang pertama mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (Capres).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyebutkan sudah ada empat partai yang mengikuti partainya menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pilpres 2024. 

“Total sudah empat parpol yang mendukung beliau (Ganjar). Sebelumnya ada PDIP dan partai Hanura, PSI adalah yang pertama. Kami bersyukur, langkah kami diikuti parol-parpol lain.” ucap Grace Natalie dikutip dari totalpolitik.com, Minggu 30 April 2023.
 
Menurut Grace, PSI merupakan partai pertama yang mendukung sosok Gubernur Jawa Tengah itu. 

Grace mengatakan PSI sudah mendeklarasikan dukungan penuh Ganjar sebagai Capres pada 3 Oktober 2022 lalu. Setelah itu, PDIP resmi mengusung Ganjar sebagai Capres pada 21 April. Disusul partai Hanura pada 22 April, dan PPP yang mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres pada 26 April. 

Diketahui Terbaru, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi partai yang mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai Capres yang dijagokan pada Pilpres 2024.
 
Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengumumkan secara langsung usai rapat pimpinan nasional (rapimnas) PPP digelar di kediamannya di kawasan Sleman, Yogyakarta, pada Selasa, 25 April 2023. 

Petinggi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie juga menyebutkan bahwa pengusungan Ganjar Pranowo sebagai capres merupakan hasil forum Rembuk Rakyat PSI yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) justru hanya mengapresiasi dukungan Partai Hanura dan PPP terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres.

Lantas, bagaimana PDI-P menyikapi dukungan yang diberikan PSI terhadap Ganjar? 
 
Menurut Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto, Hanura dan PPP membangun komunikasi dengan PDI-P sebelum turut mendukung Ganjar sebagai capres. Komunikasi itu bahkan dilakukan langsung antara Ketua Umum Hanura dan PPP dengan elite PDI-P.

Ia mencontohkan bagaimana Hanura lewat Ketua Umumnya, Oesman Sapta Odang (OSO) melakukan komunikasi intensif dengan Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah terkait dukungan untuk Ganjar.

”Namanya beri dukungan, lakukan komunikasi-komunikasi politik. Bu mega bagi ruang kerja sama sangat baik-baik. Ahmad Basarah ditugaskan komunikasi dengan pak Oso. Jadi bangun hal positif, kami penuhi aspek kultural. (aspek kultural) aspek di mana bangun kerja sama, bukan tiba-tiba ambil keputusan. Jadi etika politik harus di kedepankan.” jelas Hasto Kristiyanto.
 
Menurut Hasto, cara seperti itu memenuhi standar etika politik, yakni membangun komunikasi sebelum menyatakan sikap. Hasto kemudian menyebut etika politik mestinya diutamakan setiap partai politik sebelum mengambil keputusan. Namun, tak jelas apakah etika politik itu ditujukan kepada PSI yang sudah menyatakan dukungan pada Ganjar Pranowo sebelum resmi diumumkan oleh PDI-P. *** [harianhaluan]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close