Pegang Kendali Partai Pemerintah, Jokowi Ingin Pecah Suara Koalisi Perubahan

 

KONTENISLAM.COM - Mayoritas partai politik pendukung pemerintah saat ini berada di bawah kendali Presiden Joko Widodo.

Fakta itu diungkapkan Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, menanggapi pertemuan Presiden Joko Widodo dengan sejumlah ketua umum Parpol di Istana Negara.

"Dalam ilmu politik itu ada yang namanya konsep power dan influence. Dengan menggunakan konsep itu sebagai base analisis, saya berpandangan bahwa partai koalisi saat ini undercontrol Jokowi, kecuali Nasdem," tegas Andi, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (4/5).

Tak hanya di koalisi pemerintah, Jokowi juga diyakini sebagai sutradara pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang berisi PAN, Partai Golkar dan PPP.

"Jadi tinggal menunggu waktu, pada saatnya semua partai di KIB akan mendeklarasikan Ganjar," jelas analis Politik Universitas Nasional itu.

Menurut dia, koalisi pemerintah saat ini tengah menyusun cara untuk memecah suara Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang solid mengusung Bacapres Anies Baswedan.

"Yang didiskusikan koalisi pemerintah saat ini adalah, perlukah ditambah satu lagi Capres. Paling tidak untuk memecah suara KPP, kemudian bagaimana strategi mengepung calon dari koalisi perubahan itu," tandas Andi Yusran.

Sumber: rmol

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close