4 Fakta Pihak yang Klaim Prabowo-Gibran Bakal Menang Dalam Satu Putaran

Image

[KONTENISLAM.COM]  Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming diklaim bisa menang satu putaran dalam Pilpres 2024. Pernyataan tersebut disampaikan sejumlah hasil survei dan pandangan politikus lainnya. 

Berikut fakta-fakta yang menyebut pasangan Prabowo-Gibran mampu menang dalam satu putaran dalam Pilpres 2024, dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Survei indEX sebut Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran

Dilansir dari Antara, Lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas calon presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mencapai 50,4 persen dalam simulasi tiga pasangan, sehingga berpeluang menang satu putaran. 

Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni menyebut, hal ini disebabkan kehadiran Gibran yang mendongkrak elektabilitas dalam simulasi tiga pasang capres-cawapres.

Menurut Vivin, dengan capaian elektabilitas salah satu pasangan lebih dari 50 persen, Pilpres 2024 bisa jadi hanya akan berlangsung satu putaran saja. Hal itu sekaligus menghapus kekhawatiran akan berlarut-larutnya proses politik jika Pilpres harus berlangsung melalui dua putaran.

Survei indEX juga menyebut pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih elektabilitas 26,0 persen, sedangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih 16,8 persen. Sisanya 6,8 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

2. Ketua Umum Relawan Projo optimis Prabowo-Gibran menang

Ketua Umum Relawan Projo, Budi Arie Setiadi menyatakan optimis atas kemenangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran Pilpres mendatang. Pernyataan ini disampaikan oleh Budi Arie setelah menghadiri acara Industry Summit di Solo, Jawa Tengah.

Disebutkan Budi, Pilpres seharusnya dilihat dalam konteks nasional. Dengan demikian, ia yakin bahwa pilihan rakyat akan menguntungkan pasangan Koalisi Indonesia Maju. 

Budi juga percaya bahwa dalam kontestasi Pilpres, pemilihan akan berfokus pada figur calon presiden dan calon wakil presiden. Sehingga, ia tetap yakin bahwa Prabowo-Gibran akan mendapatkan dukungan luas dari seluruh rakyat Indonesia.

3. Direktur Indo Barometer sebut Prabowo-Gibran menang satu putaran berdasar survei mereka.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menyebut Pilpres 2024 berpotensi satu putaran dengan pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang. 

Hal ini berdasarkan hasil survei terakhir Indobarometer pada 25—31 Oktober 2023, yang menyimpulkan elektabilitas pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dengan nilai 34,20 persen.

"Jadi, sementara ini, kalau pakai data yang saya punya, ini ada potensi satu putaran," kata M. Qodari dalam diskusi Menimbang Capres/Cawapres Putaran 2 Pilpres 2024 di KAHMI Center, Jakarta, pada Jumat, 10 November 2023.

Dari hasil survei Indo Barometer tersebut, elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md. sebesar 26,2 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 18,3 persen. Sedangkan 21,3 persen dari responden menyatakan belum memilih, belum memutuskan, tidak menjawab, ataupun merahasiakan pilihannya.

4. Fahri Hamzah yakin pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming akan menang karena calon paling ideal

Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah optimistis pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan memenangi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dalam satu putaran. 

Menurutnya, Prabowo-Gibran adalah pasangan yang paling ideal dibandingkan pasangan lain, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Dagangan kita, dagangan yang paling ideal. Jadi logika kita bisa menang satu putaran itu sangat mungkin, karena memang kita adalah kandidat yang sangat indah,” kata Fahri Hamzah, Rabu 1 November 2023 dikutip dari partaigelora.id.

Menurut Fahri, kandidat lain akan sulit menarik suara dari kelompok usia muda, yang jumlahnya disebut mencapai 60 persen itu, meski sudah berbicara masalah milenial dan pemuda hingga berbusa-busa. 

“Orang boleh ngomong soal milenial dan pemuda, tapi begitu Gibran tampil, lewat semua itu orang,” ujar Fahri dalam diskusi Gelora Talk dengan tema Gibran: Mengulas Plus dan Minusnya yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Gelora TV.

Sumber: Tempo

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close