Bantah Isu Pemecatan Bobby Nasution, PDIP Kota Medan: Itu Hanya Pemberitahuan



[KONTENISLAM.COM]  Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Medan, Hasyim SE, membantah isu pemecatan Walikota Medan, Bobby Afif Nasution, sebagai kader partai.

Bantahan itu disampaikan Hasyim kepada Kantor Berita RMOLSumut melalui sambungan telepon WhatsApp saat diklarifikasi terkait surat pemberitahuan yang ditujukan kepada menantu Presiden Joko Widodo itu.

"Tidak benar jika dikatakan kami (PDIP Kota Medan) memecat Bobby Nasution sebagai kader partai. Karena memberhentikan atau memecat kader adalah kewenangan Dewan Pengurus Pusat (DPP)," tegas Hasyim.

Hasyim menjelaskan, di dalam surat bernomor 217/IN/DP-29.B-26.B/XI/2023 itu jelas disebutkan hanya pemberitahuan kepada Bobby Nasution bahwa karena mendukung pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden yang bukan paslon yang didukung dari PDIP maka dirinya dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai anggota partai.

"Itu hanya pemberitahuan saja, bahwa terkait dukungannya kepada paslon presiden dan wakil presiden di luar paslon yang didukung PDIP, maka Bobby telah melanggar kode etik dan peraturan partai, sehingga dia tidak memenuhi syarat lagi sebagai anggota," jelasnya.

PDIP Kota Medan, sambung Hasyim, hanya berhak mengusulkan kepada DPP, dan DPP lah yang akan memutuskan terkait sanksi apa yang akan dijatuhkan.

Dalam surat yang beredar di kalangan media, DPC PDIP Kota Medan menyatakan Bobby Afif Nasution telah terbukti melakukan tindakan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai. Yaitu tidak mematuhi peraturan dan keputusan Partai karena mendukung pasangan capres dan cawapres yang diusung oleh partai politik lain, sehingga Bobby Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan.

Hal itu tertera dalam surat bernomor 217/IN/DP-29.B-26.B/XI/2023 yang ditandatangani oleh Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim dan Sekretaris Roby Barus pada 10 November 2023.

Isi surat tersebut juga menerangkan bahwa, hasil klarifikasi Bobby Nasution selaku kader PDI Perjuangan oleh Bidang Kehormatan Partai pada 6 November 2023, bahwa DPP Partai memberikan waktu 3 hari untuk mengundurkan diri dari keanggotaan PDIP serta mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada DPC PDIP Kota Medan.

"Sampai batas waktu yang diberikan oleh DPP Partai bahwa Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution belum juga menyerahkan surat pengunduran diri dan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan," demikian keterangan dalam surat tersebut.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close