Diprediksi Menang Satu Putaran, Respons Gibran Tak Terduga

Daftar Isi


[KONTENISLAM.COM]  Lembaga Populi Center baru saja merilis hasil survei di mana pasangan bakal capres dan cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mendapatkan suara terbanyak. Dari hasil survei itu, pasangan Prabowo-Gibran dinilai bisa menang dalam satu putaran.

Mengenai hasil survei tersebut, Gibran mengaku tidak ingin jemawa. Selain itu, kata dia survei itu banyak versi dan tidak hanya unggul nama dirinya dan Prabowo.

"Survei itu banyak versi, pokoknya kita nggak boleh jemawa," kata Gibran ditemui di Taman Makam Pahlawan, Jumat (10/11/2023).

Menurutnya bila harus menang dalam satu putaran maka, dirinya dan Prabowo harus bisa meraih kemenangan di atas 40 persen. Sedangkan, kata dia masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus ia selesaikan.

"Kalau satu putaran itu (menang) di atas 40 persen. Masih banyak PR (pekerjaan rumah), nggih," ucapnya.

Lebih lanjut, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku fokus untuk keliling bertemu warga dan melakukan konsolidasi.

"Kalau saya fokus keliling ketemu warga, sama penguatan Konsolidasi, nggih," pungkasnya.

Lembaga Populi Center merilis survei. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka-lah yang paling mungkin menang satu putaran.
"Ini suaranya tidak jauh terkait elektabilitas tiga pasangan tadi, ternyata publik menilai pasangan yang mungkin menang Prabowo-Gibran 42,5 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud Md 21,9 persen, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 18,4 persen," kata Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati memaparkan hasil survei di Populi Center, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (9/11).

Poltracking: Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Jika Elektabilitas 45 Persen

Lembaga survei yang lain Poltracking Indonesia menyatakan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berpotensi memenangkan Pilpres 2024 langsung satu putaran jika elektabilitasnya mencapai 45 persen.

Saat ini, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran sudah mencapai 40,2 persen.

"Jika tren kenaikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terus berlanjut hingga menembus 45 persen sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengalami penurunan dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar stagnan, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang satu putaran," kata Hanta dalam paparan surveinya, Jumat (10/9/2023).

Survei ini menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran di tempat teratas sebesar 40,2 persen. Sementara, Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan 30,1 persen dan Anies-Muhaimin 24,4 persen. Responden yang tak menjawab 5,3 persen.

Dia mengatakan tetep ada kemungkinan Pilpres 2024 digelar dua putaran. Jika ini terjadi, pasangan Prabowo-Gibran akan melaju ke putaran kedua dan berhadapan dengan pasangan Ganjar-Mahfud.

"Kondisi ini bisa terjadi jika tren Ganjar Pranowo - Mahfud MD mengalami rebound," kata dia.

Sementara kemungkinan lain, Prabowo-Gibran tetap masuk ke putaran kedua berhadapan dengan Anies-Muhaimin. Anies-Muhaimin bisa masuk ke putaran kedua jika pasangan Ganjar-Mahfud alami tren penurunan elektabilitas.

"Tapi kenaikan Anies Baswedan - Muhaimin harus terus berlanjut," kata dia.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close