No debat! Muslim wajib bela Palestina, tanggung jawabnya sampai di hadapan Allah! Begini kata Ustaz Khalid

Ustadz Khalid Basalamah sebut umat Islam wajib bela Palestina. (Tangkap layar YouTube/Khalid Basalamah Official )

[KONTENISLAM.COM]  Sudah semestinya bagi umat Islam untuk menempatkan keberpihakannya kepada Palestina. Apalagi, warga Palestina tengah berjuang melawan Israel yang menjajah tanah mereka.

Pendakwah, Ustaz Khalid Basalamah menegaskan, mereka yang mengaku muslim di masa sekarang wajib membela Palestina tanpa perdebatan.

Dikutip dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official pada Selasa, 14 November 2023, membela Palestina bukanlah pilihan melainkan sebuah kewajiban bagi sesama saudara muslim.

“Bukan saatnya sekarang mencari-cari mungkin karena ini itu. Umat Islam lagi dibantai, mau umat Islam yang duluan menyerang atau tidak, itu tidak ada urusannya. Mereka sedang membela dirinya,” tegasnya.

Adapun perjuangan warga Palestina saat ini mirip dengan perjuangan para pahlawan Indonesia saat masa penjajahan Belanda.

Perlawanan yang diberikan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Belanda saat itu tak bisa disalahkan. Begitu pula dengan perjuangan rakyat Palestina saat ini.

“Negara kita kok, Tanah Air kita dirampok. Nah begitu keadaan orang Palestina,” katanya.

Itulah, kata Khalid, yang menjadi penegasan bahwa membela Palestina bukanlah pilihan bagi umat Islam, melainkan menjadi sebuah kewajiban.

Lebih lanjut, bahkan menurutnya Allah SWT akan menanyakan setiap individu per individu di hadapan-Nya terkait keberpihakan terhadap Palestina.

“Allah akan tanya kita per individu. ‘Apa yang sudah kamu lakukan buat saudaramu di sana?’” ujarnya.

Untuk itu, Khalid menyarankan agar umat Islam bisa melakukan gerakan yang dapat meringankan beban sesama muslim di Palestina.

Gerakan tersebut tidak hanya dengan jiwa dan raga atau bahkan harta, tetapi juga bisa dilakukan dengan doa untuk kebaikan Palestina.

“Minimal dengan doa, hanya angkat tangan modalnya. Berdoa memuji Allah, selawat kepada Nabi SAW, doakan agar Allah berikan kepada mereka solusi,” katanya.

Masalah Palestina, masalah seluruh umat Islam

Khalid menambahkan, masalah yang tengah dihadapi rakyat Palestina saat ini juga mesti menjadi masalah dan perhatian bagi umat Islam di seluruh dunia.

“Kita ini harus seperti satu jasad, kata nabi, kalau satu luka jari kita kena pisau misalnya, maka seluruh jasad itu akan demam, harusnya begitu,” ungkapnya.

Artinya, siapapun muslim di muka bumi ini bersyahadat, ketika mereka terganggu, maka sudah semestinya untuk dibela oleh muslim lainnya.

Kondisi yang melanda palestina saat ini tidak bisa dianggap remeh dan main-main. Di sisi lain, hal itu juga harus menjadi perhatian dan kepedulian di kalangan umat Islam.

Adapun kepedulian itu bisa dilakukan dengan banyak hal. Mulai dari doa, harta, dan sebagainya.

“Mungkin kalau jiwa, ini butuh fatwa, butuh memang pemerintah kita yang mengizinkan kita untuk pergi, dibuka. Itu berbeda,” tambahnya. [Hops]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close