Viral, Anies Baswedan Bicara soal Tiga Jenis Korupsi



[KONTENISLAM.COM]  Viral di media sosial TikTok, Calon Presiden Indonesia Anies Baswedan berbicara soal macam dan jenis korupsi. Tidak ada keterangan kapan dan dimana momen Anies Baswedan tersebut berbicara.

Dilihat pada Rabu, 8 November 2023, Anies Baswedan yang mengenakan setelan jas rapi warna hitam tanpa dasi, mengemukakan ada tiga jenis korupsi yang dapat diperhatikan dari alasan penyebabnya.

“Korupsi ada tiga sebab. Pertama, korupsi karena kebutuhan. Kedua, korupsi karena keserakahan. Ketiga, korupsi karena sistem,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Yang pertama jenis korupsi karena kebutuhan. Misalnya gajinya hanya bisa dipakai hidup selama 20 hari saja. Lantas sepuluh hari berikutnya mau makan apa?

Menurut Anies, obat jenis korupsi seperti ini, bukan dimiskinkan, karena mereka sudah lebih miskin. Ini obatnya adalah dengan cara memenuhi kebutuhannya.

“Sistem remunerasinya diperbaiki. Sistem penggajiannya diperbaiki. Sehingga korupsi karena kebutuhan bisa terselesaikan,” kata Anies.

Korupsi yang kedua adalah, jenis korupsi karena keserakahan.

Menurut Anies, jenis korupsi karena keserakahan ini tidak ada batasnya. Oleh karena itu, cara menghentikannya adalah dengan memberikan rasa takut.

“Korupsi karena keserakahan akan berhenti karena mereka merasa takut. Dan yang dimaksud takut, itu apa? Adalah memberikan hukuman yang menjerakan. Dan satu hukuman yang membuat koruptor tersebut bisa jera, adalah dengan cara dimiskinkan,” tandas Anies.

Menurut Anies, yang dinikmati koruptor adalah sikap hidup yang hedonis. Yang mereka nikmati adalah materialisme.

Materialisme dan hedonis tersebut akan hilang ketika dimiskinkan. Tidak ada orang miskin hedon. Tidak ada orang miskin materialistik.

Dan korupsi yang ketiga, adalah karena sistem. Bagaimana menciptakan aturan main yang ketat sekali, sehingga membuat orang tidak berani mengambil keputusan.

“Jadi tiga jenis  korupsi tersebut memiliki solusi yang berbeda-beda,” ujar Anies

Jenis korupsi yang pertama, solusinya diberitakan kebutuhannya. Jenis korupsi yang kedua, diberikan hukuman yang menjerakannya. Dan jenis korupsi yang ketiga, solusinya adalah, dengan sistem yang dikoreksi.
 
[KBA]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close