Analisis Tajam Pengamat Politik Strategi Bingung TPN Ganjar-Mahfud dalam Menyikapi Jokowi Effect

Ganjar dan mahfud md

[KONTENISLAM.COM]  Pengamat politik terkemuka, Bawono Kumoro, mengupas tuntas pernyataan kontroversial Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang mengklaim bahwa kandidat unggulan mereka paling mirip dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Bawono, pernyataan ini mencerminkan kegamangan strategi TPN, mengingat sebelumnya, kubu Ganjar-Mahfud sering kali menyerang Jokowi, terutama saat putra Jokowi, Gibran Rakabuming, maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

"Sekarang terlihat, Ganjar hanya berusaha menyelamatkan elektabilitas dan meniru Jokowi. Ini menunjukkan kegamangan karena sebelumnya kubu Ganjar-Mahfud malah menyerang Jokowi," ujar Bawono dalam konfirmasinya pada Sabtu, 9 Desember 2023.
 
Bawono menduga strategi TPN yang tidak konsisten terkait Jokowi mengindikasikan masalah internal di tim pemenangan.

Meskipun beberapa menilai menjadi rival Jokowi lebih baik, hasil survei mengenai Jokowi Effect tetap patut dipertimbangkan.

"Ini menunjukkan bahwa Jokowi Effect benar-benar berperan dalam pemilihan presiden kali ini, terutama melalui kehadiran Gibran sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto," tambah Bawono.

Berdasarkan hasil survei dari Indikator Politik Indonesia, Bawono mengutip tren positif terhadap Gibran setelah diumumkan sebagai cawapres Prabowo.
 
"Survei nasional November dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa kehadiran Gibran sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto berhasil memperbesar jumlah pemilih Joko Widodo yang kini mendukung Prabowo di pemilu 2024," ungkapnya.

Dalam perbandingan strategi dengan kubu Ganjar-Mahfud, Bawono menilai bahwa Prabowo tetap konsisten membela program-program kerakyatan yang dicanangkan oleh Jokowi.

Bahkan, jika ada klaim tentang siapa yang lebih mendekati Jokowi, menurut Bawono, Prabowo-Gibran merupakan sosok yang lebih tepat untuk mengklaim hal tersebut.

"Prabowo selalu dengan tegas membela dan melanjutkan program-program Jokowi, terlebih lagi dengan kehadiran anak Jokowi yang maju bersamanya," pungkas Bawono. [VIVA]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close