Kerjasama Tokopedia dan TikTok Shop akhirnya resmi terjalin... Ini adalah strategi "win win solution" untuk semua pihak


[KONTENISLAM.COM]  Thread @Strategi_Bisnis:

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, kerja sama kemitraan antara Tokopedia dan TikTok Shop akhirnya resmi terjalin.

Saya pernah bilang bahwa ini adalah strategi win win solution untuk semua pihak.

Kerja sama ini akan membuat bisnis keduanya saling melengkapi, baik secara operasional dan market ataupun secara regulasi pemerintah.

Tokopedia jadi bisa menarget pembeli impulsif yang biasanya tertarik dan ada di platform TikTok, sementara TikTok jadi bisa memfasilitasi para merchant dan penggunanya dengan platform Tokopedia.
Secara regulasi, kerja sama ini juga jadi lengkap karena TikTok sebenarnya sudah mengantongi izin social commerce dan jelas Tokopedia sejak dulu adalah e-commerce besar di Indonesia.

Sudah sempat saya singgung bahwa saat ini Tokopedia memiliki market share e-commerce sekitar 35%, bersaing ketat dengan Shopee (36%).

Jika Tokopedia resmi menggandeng TikTok Shop yang punya market share sekitar 5%, ini akan membuat keduanya punya sekitar 40% lebih pangsa pasar e-commerce Indonesia.

Di sini juga saya lihat kejelian pemerintah untuk memastikan TikTok juga comply terhadap aturan dan tetap menggandeng UMKM lokal ketimbang menjalankan bisnis crossborder.

GoTo dan Tokopedia yang memang berpengalaman memfasilitasi merchant lokal bisa jadi “pengontrol” dan rekan kerja untuk memastikan TikTok melakukan onboarding bagi UMKM-UMKM lokal ini.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close