Ringkasan jalannya perang di Gaza 10-11 Desember 2023

Daftar Isi

[KONTENISLAM.COM]  Ringkasan jalannya perang di Gaza 10-11 Desember 2023:

1. Masuknya Israel ke Gaza melalui tiga arah: di utara lewat Jabaliya, lalu lewat Shija'iyah dan Khan Younis. Ketiga batalion Hamas di sana berhasil menahan masuknya Israel sejak dimulainya perang babak kedua dan Israel menderita kerugian besar.

2. Serangan roket menurun, dan Hamas kini gunakan roket Maqadmeh-90, yang berdaya jangkau 90 km. Di pihak Israel, penggunaan pesawat tempur juga turun dan kini lebih sering gunakan helikopter Apache. Kelihatannya, kedua belah pihak menahan amunisi yang sama-sama hampir habis
3. Bergantian semua brigade:
-Brigade Izzuddin Al-Qassam/Hamas
-Brigade Saraya Al-Quds/Jihad Islam
-Brigade Syuhada Al-Aqsha/Fatah
-Brigade Abu Ali Musthafa/PFLP
-Brigade Mujahidin
-Brigade Umar Qassim
-Brigade Nashir Shalahuddin
Semuanya menghadang Israel di semua pintu masuk Gaza dan Israel gagal mencapai tengah kota.

4. Malam ini, Israel mencoba memasuki Gaza lewat pantai Deir Balah. Caranya, kapal laut akan hujani pantai dengan roket dan senapan mesin, lalu "koridor" aman akan digunakan untuk masuknya angkatan laut Israel. Tetapi, berhasil dicegah oleh Hamas.

5. Malam ini di media Israel ditulis bahwa ada "pihak" yang menyodorkan proposal gencatan senjata. Tetapi, pemimpin Jihad Islam menegaskan bahwa tak akan ada pertukaran tawanan "hanya" untuk gencatan senjata sementara, harus gencatan senjata permanen.

6. Amerika menyuplai amunisi untuk tank Merkava, dan tampak tergesa-gesa. Ini indikasi bahwa amunisi Israel sudah menipis. Hamas sendiri gunakan senjata yang tidak seberapa canggih, tetapi efektif yaitu bom "Syuwazh", dan perangkap terowongan yang berisi bom. Saksi mata di kalangan tentara Israel mengaku melihat, pasukan akhwat Hamas ikut bertempur di Batalion Khan Younis.

7. Beredar isu bahwa Juru Bicara Militer Al-Qassam terluka atau bahkan syahid. Tetapi langsung terbantah dengan munculnya Abu Ubaidah merilis pernyataan media.

8. Kemenkes Gaza katakan, syuhada warga Gaza mencapai 18 ribu lebih, sementara para pengamat militer menduga korban tentara tewas di pihak Israel seharusnya lebih dari 5000. Bahkan Jerussalem Post ungkapkan berkurangnya 100.000 prajurit cadangan Israel.

(Risalah Amar)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close