5 Negara Asing yang Kasih Gelar Kehormatan Militer kepada Prabowo: Prancis Salah Satunya

Daftar Isi
 
KONTENISLAM.COM
Prabowo Subianto pada hari ini, Rabu (28/2) resmi mendapat pangkat Jenderal Kehormatan. 

Gelar ini diberikan langsung oleh Presien Jokowi dalam acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Sebelum mendapat gelar Jenderal Kehormatan, Prabowo diketahui memiliki pangkat Letnan Jenderal atau bintang tiga saat masih aktif sebagai anggota militer.

Presiden Jokowi dalam pernyataan usai penyematan bintang empat kepada Prabowo membantah bahwa gelar ini menjadi bagian transaksi politik.

Menurut Jokowi, bila memang kenaikan pangkat menjadi bagian transaksi politik, justru dilakukan sebelum Pemilu 2024.

Ia menekankan pemberian kenaikan pangkat tersebut diberikan usai masa pemilihan presiden karena untuk menghindari anggapan tersebut.

"Ya kalau transaksi politik kita berikan aja sebelum Pemilu. Ini kan setelah Pemilu supaya tidak ada anggapan-anggapan seperti itu," kata Jokowi.

Penyematan bintang empat kepada Prabowo ini pun mendapat banyak pro kontra publik di platform media sosial.  

Terlepas dari pro kontra itu, Prabowo bukan kali ini saja mendapat gelar kehormatan militer.

Tercatat ada 5 negara asing yang pernah memberikan gelar kehormatan militer kepada pasangan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, berikut ulasannya

Yordania

Prabowo tercatat pernah mendapat gelar kehormatan militer dari Yordania. Anak begawan Ekonomi Sumitro Djojohadikusumo mendapatkan Order of Military Merit atau Wisam al-Istahaqaq al-Askari.

Gelar ini diberikan pemerintah Yordania kepada sejumlah orang yang dianggap berjasa untuk negara itu. Seperti diketahui, Prabowo sempat tinggal di Yordania pasca pecah gerakan Reformasi 1998.

Bahkan saat itu sempat tersiar kabar bahwa Prabowo sempat akan diberi status kewarganegaran. Namun, pemberian status kewarganegaraan itu ditolak oleh Prabowo Subianto.

Kamboja

Prabowo juga pernah mendapatkan gelar kehormatan militer dari negara Kamboja. Prabowo dianugrahi gelar Knight of the Royal Order of Sahametrei.

Gelar ini merupakan ordo ksatria yang disematkan Kerajaan Kamboja untuk orang-orang yang dianggao berjasa untuk rakyat Kamboja. Selain Prabowo, sejumlah tokoh Indonesia lainnya juga pernah mendapat gelar ini.

Ali Alatas jadi orang Indonesia pertama yang raih gelar ini pada 1999. Terakhir ada nama mantan KSAD Dudung Abdurachman yang mendapatkannya pada 2023. 

Prancis

Lalu ada negara Prancis yang berikan anugrah militer kehormatan kepada Prabowo yakni Ordre national du Mérite. Selain Prabowo, gelar ini juga sempat diberikan pemerintah Prancis kepada mantan mertua Prabowo, Tien Soeharto.

Selain Tien Soeharto, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, eks wapres Sudharmono, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto juga pernah meraih gelar ini.

Malaysia

Salah satu negara bagian dari Malaysia, Melaka pada 26 Juli 2022 pernah memberikan gelar kehormatan militer kepada Prabowo yakni Darjah Gemilang Seri Melaka.

Pemberian gelar ini membuat Prabowo bisa menyematkan kata Datuk Seri di awal namanya. Gelar ini sendiri pertama digulirkan kerajaan Melaka pada 1 Juni 1978.

Singapura

Terakhir ada negara tetangga, Singapura yang berikan gelar militer kehomatan Darjah Utama Bakti Cemerlana pada 21 November 2023.

Prabowo mendapat gelar ini dari Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam. Penghargaan ini diberikan pemerintah Singapura untuk orang di luar tentara Singapura karena dianggap berikan kontribusi untuk meningkatkan hubungan bilateral.


SumberSuara

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close